GuidePedia

0

JAKARTA -- Forum Silaturahim Pendekar Indonesia (FSPI) memberikan gelar anggota kehormatan kepada Presiden PKS Ahmad Syaikhu pada acara Deklarasi Forum Silaturahim Pendekar Indonesia (FSPI) di Jakarta, Sabtu (18/2/2023).

Menurut Koordinator Nasional FSPI Mohammad Ridwan, sosok Syaikhu dikenal dekat dengan para pendekar silat di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Beberapa kegiatan resesnya sebagai anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Bekasi, Karawang, Purwakarta sering melibatkan sanggar silat tradisional.

“Perhatian dan silaturahim Pak Syaikhu dengan pengelola sanggar silat tradisional di sekitaran dapilnya saya lihat cukup intens. Karenanya kami ingin melibatkan Pak Syaikhu dengan komunitas pesilat yang lebih luas di seluruh kota di Indonesia,” terang Ridwan.

FSPI merupakan perkumpulan berbagai aliran silat di Indonesia. Ridwan selaku koordinator nasional sudah sejak tahun 1990-an menjalin silaturahim dengan para pendekar silat di Jakarta. Kecintaannya dengan seni beladiri asli Indonesia ini menginspirasinya untuk membentuk forum silaturahim antar perguruan silat yang lebih luas, bukan hanya di Jabodetabek tetapi juga kota lain di seluruh Indonesia.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu merasa bahagia bisa berkumpul dengan para pendekar silat dari berbagai aliran perguruan. Ia menilai banyaknya aliran silat di Indonesia menandakan bahwa perkembangan dan penggalian unsur jurus silat di Indonesia sangat dinamis.

“Saya yakin silat di Indonesia tidak akan punah. Buktinya aliran silat semakin berkembang. Di Bekasi tempat saya tinggal saja ada banyak sanggar silat yang eksis. Belum lagi di kota lain di Indonesia. Saya mengapresiasi usaha Ustadz Ridwan yang dengan sabar menjalin silaturahim dengan para guru pendekar silat," ujarnya.

"Selain itu dalam sejarah perlawanan rakyat Indonesia menghadapi penjajahan Belanda dulu, peran para pendekar silat tidak bisa diabaikan. Selain melatih fisik para muridnya, para guru silat juga melatih mental dan jiwa nasionalisme untuk membela dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia,” lanjut Syaikhu saat memberikan sambutan.

Pembentukan Forum Silaturahim Pesilat diawali saat konsolidasi pada September 2022 di Bogor. Ketua Majelis Pengawas Nasional Irfan Fauzi Arief memfasilitasi pertemuan para pesilat tersebut di tempatnya, di daerah Cimande Bogor. Hingga pada awal Januari 2023, terbentuklah secara resmi perkumpulan Forum Silaturahim Pendekar Indonesia.

Sebagai simbol, Syaikhu diberikan golok oleh Koordinator Nasional Muhammad Ridwan. Dalam deklarasi itu juga Syaikhu mencoba memainkan beberapa jurus silat yang dibimbing oleh Anggota Majelis Pendekar dari Perkumpulan Silat Gerak Stroom Edi Rukmiadi.

Susunan Forum Silaturahim Pendekar Indonesia yang resmi berbadan hukum terdiri dari Majelis Penasehat terdiri dari H. Abdi Sumaithi dan H. Abu Syauqi; Majelis Pendekar Abdul Kharis Almasyhari, Dartomo M.Sidik, Zakaria Tubagus Bambang, Edi Rukmiadi, Juli Wibowo, Amri Muchlis, Cholid Sidiq, Yoni Hermawan, Osin Sodikin, Sugeng Riyanto, Sudirman Yan, dan Muhammad Yasin; Majelis Pengawas diketuai oleh Irfan Fauzi Arief; dan Koordinator Nasional Mohammad Ridwan.

Saat ini sudah terbentuk delapan koordinator wilayah di Jadebotabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera Bagian Utara dan Sumatera Bagian Selatan. Tercatat sudah ada 27 perguruan dengan 16 aliran yang saat ini sudah bergabung.

Posting Komentar

 
Top