GuidePedia

0
Islam sebagai agama yang sempurna tidak perlu kita ragukan lagi, dan kesempurnaan Islam tersebut selalu menjadi solusi bagi setiap persoalan kehidupan. 

Nabi Muhammad SAW bersabda:
 الاسلام يعلو ولا يعلى عليه
"Islam itu tinggi/mulia, dan tidak ada yg lebih tinggi/mulia dari Islam."

Namun di masyarakat sering dijumpai ketidaksesuaian antara ajaran Islam dengan tingkah laku pemeluknya. Ini dikarenakan umat jauh dari mengamalkan agama, dan dari sana kemudian muncul berbagai permasalahan dalam kehidupan umat Islam.

Problematika umat Islam saat ini di antaranya:

1. Problematika Iman
Saat ini banyak umat Islam yang nampak lemah, iman tidak lagi dijadikan sebagai tolok ukur dalam bersikap dan bertingkah laku, akibatnya orang tidak memiliki rasa malu hingga melakukan hal-hal yang tidak dibenarkan Allah SWT. Selain juga tidak sedikit kaum muslimin yang tidak peduli terhadap persoalan Islam dan umat Islam. 

2. Problematika Pemahaman terhadap Islam
Pemahaman Islam yang baik adalah pemahaman yang didasari pada Al-Qur'an dan Sunnah yang shahih sehingga Islam dipahami secara utuh, yakni secara syamil (menyeluruh) dan kamil (sempurna).

Realitanya, tidak sedikit dari umat yang memahami Islam secara parsial (juz'iyah) sehingga mereka mengamalkan satu aspek dari Islam itu lalu mengabaikan aspek lainnya. 

3. Problematika Politik
Umat Islam belum bisa mewarnai kehidupan berpolitik, bahkan tidak sedikit umat Islam yang dieksploitasi untuk kepentingan politik kalangan tertentu. Ada pula yang tidak mau menggunakan politik Islam dalam sepak terjang kehidupan politiknya, malah cenderung menggunakan Islam untuk kepentingan politik, bukan berpolitik untuk kepentingan Islam. 

4. Problematika Ekonomi
Rasulullah mengingatkan akan kemungkinan seseorang menjadi kufur karena kefakiran (kemiskinan), meskipun bukan sebuah jaminan jika orang sudah berkecukupan harta menjadi taat. 

Saat ini amat banyak penduduk muslim yang miskin sehingga menimbulkan berbagai persoalan baru, juga persoalan sistem perekonomian yang belum sejalan dengan nilai-nilai Islam. 

5. Problematika Ukhuwah dan Persaudaraan
Faktor permasalahan ukhuwah dan persaudaraan ini karena adanya sikap fanatisme golongan, padahal mestinya golongan yang terbagi-bagi dalam bentuk organisasi kemasyarakatan, yayasan, kelompok, hingga partai politik menjadi alat untuk menjayakan Islam dan umat Islam secara keseluruhan, bukan semata-mata menjayakan golongan. 

6. Problematika Dakwah
Islam adalah agama dakwah dan dakwah menjadi kewajiban setiap muslim. Saat ini dakwah baru diemban oleh sedikit dari umat, itu pun para da'inya belum terbina dengan baik dengan potensi yang baru apa adanya, belum kepada yang seharusnya.

Menyikapi keenam problematika tersebut, umat Islam harus kembali dan dekat dengan Al-Qur'an dan Sunnah Nabi Muhammad SAW, sebagaimana ditawarkan QS. Al Jumuah ayat 2.

هُوَ ٱلَّذِى بَعَثَ فِى ٱلْأُمِّيِّنَ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُوا۟ عَلَيْهِمْ ءَايَٰتِهِۦ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا۟ مِن قَبْلُ لَفِى ضَلَٰلٍ مُّبِينٍ

"Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan mereka Kitab dan Hikmah (As Sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata."
____________
Materi ini dipaparkan Ketua DPW PKS Kepri H Bahktiar Muhammad Rum Lc MA saat menjadi salah satu pembicara dalam School of Political Leadership di Kantor DPD PKS Kota Batam pada Sabtu, 18 September 2021.

Post a Comment

 
Top