GuidePedia

0
Amri Bedu Ketua Fraksi PKS DPRD Batam (baju batik lengan panjang) saat menerima pengungsi Afghanistan
BATAM (23/9) – Puluhan pencari suaka asal Negara Afghanistan berunjuk rasa di halaman Kantor DPRD Kota Batam, Provinsi Kepri, Rabu (22/09/2021). Mereka ditemui oleh anggota dewan antara lain Amri Bedu, Budi Mardianto, dan Jimmy Nababan.

Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Batam Amri Bedu yang ikut menyambut aksi demo pengungsi memberikan tanggapan, persoalan tersebut adalah masalah kemanusiaan yang harus diselesaikan. 

“Saya pribadi sangat prihatin dengan kondisi para pengungsi saat ini, baik yang ada di Kota Batam maupun di penampungan lainnya. Kita sebagai Bangsa Indonesia yang merupakan bagian dari bangsa-bangsa dunia harus andil dalam menyelesaikan permasalahan pengungsi yang merupakan masalah kemanusiaan ini,” tutur Amri Bedu. 

Beberapa perwakilan pengungsi kemudian diajak ke dalam ruang rapat Kantor DPRD Kota Batam untuk berdiskusi dan menyampaikan aspirasi. 

Perwakilan pengungsi bernama Ali Akbar (24) yang telah mengungsi sejak usia 16 tahun, meminta difasilitasi DPRD Kota Batam untuk menekan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) atau Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi beserta pihak-pihak berwenang lainnya agar segera memroses kepindahan ke negara pemberi suaka seperti Australia, Kanada, Amerika Serikat, atau Uni Eropa.

“DPRD Batam tentu akan menanggapi ini, kita akan berbicara pada pihak berwenang yang menangani pengungsi, karena bagi kita, apabila para pengungsi ini terlalu lama berada di Kota Batam juga akan menjadi beban sosial masyarakat dan Pemerintah Kota Batam,” ujar Amri yang merupakan anggota dewan pertama PKS di Batam. 

Sekitar 600 warga Afghanistan mengungsi di Batam sebagai tempat transit sebelum sampai di negara pemberi suaka. Sebagian pengungsi Afganistan sudah berada di Kota Batam lebih dari satu dekade, mereka tinggal di tenda terpal yang dibuat di taman aspirasi Batam yang kemudian dipindahkan ke tempat penampungan. Saat ini para pencari suaka dari Afghanistan berada di rumah detensi imigrasi (Rudenim) Sekupang dan Hotel Kolekta sebagai timpat tinggal sementara.

Posting Komentar

 
Top