GuidePedia

1
TANJUNGPINANG - BPKK (Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga) DPW PKS Kepri mengadakan Pelatihan Jurnalistik dengan tema "Menulis Berita Semudah Kita Bicara" via Zoom Meeting, Sabtu (14/08/2021).

Peserta yang mendaftar sebanyak 74 orang yang terdiri dari para Pengurus BPKK se-Kepri dari tingkat DPW, DPD, hingga DPC. Deputi Publitas Humas DPW PKS Kepri yakni CR Faizah sebagai narasumber pada pelatihan tersebut. 

Likyati Sekretaris BPKK DPW PKS Kepri yang memberikan sambutan, menyampaikan bahwa Pelatihan Jurnalistik ini sebagai sarana "Up-grading" bagi pengurus untuk meningkatkan skill menulis terutama dalam membuat liputan berita untuk kegiatan yang diadakan oleh BPKK. 

Kata Likhyati, pelatihan ini untuk menambah kecakapan bagaimana cara menulis berita dengan tips yang mudah. Dia juga berharap munculnya penulis-penulis baru yang dapat berkontribusi untuk Rumah Ketahanan Indonesia (RKI) desa/kelurahan, kecamatan, dan kabupaten/kota; sehingga kegiatan-kegiatan RKI dapat tersebar informasinya kepada masyarakat dengan lebih luas dan cepat. 

"Setelah pelatihan menulis berita ini kami berharap ada penulis berita yang yang siap berkontribusi dalam peliputan setiap acara yang diadakan oleh RKI dan BPKK," ujar Likhyati. 

Narasumber dalam pelatihan yang berlangsung secara virtual itu, CR Faizah, mengatakan bahwa menulis berita itu semudah berbicara.

"Ketika kita mau menyampaikan informasi kepada orang lain tentu ada rancangan percakapan, percakapan dengan orang itulah kita pindahkan ke dalam tulisan," urai Faizah. 

Ia menambahkan, dalam berita menggunakan kalimat yang padat, jelas, lugas, dan tidak bertele-tele. Berita (liputan) langsung menggunakan struktur piramida terbalik dimana ada judul, lead, body, dan leg. 

"Lead harus memenuhi unsur kunci jurnalistik 5W+1H. Lead sangat penting untuk menarik pembaca agar melanjutkan membaca berita," kata CR Faizah saat menjelaskan tentang lead atau teras berita. 

Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta tentang teknis penulisan berita, mereka merasa waktu yang tersedia tidak mencukupi untuk yang berlansung dari pukul 13.00 hingga 15.30 WIB di Zoom.

Forum pun berlanjut di grup online untuk latihan dan evaluasi. Para peserta juga diberikan tugas untuk menulis berita dari acara pelatihan yang berlangsung. Tulisan yang memenuhi syarat akan diterbitkan di media milik PKS Kepri kepri.pks.id.(dina) 

Posting Komentar

 
Top