GuidePedia

0
BATAM - BPKK DPD PKS Kota Batam menggelar Webinar Keluarga sempena Hari Keluarga Nasional (Harganas) tahun 2021 via Zoom pada Ahad (04/07/2021) untuk menguatkan ketahanan keluarga bagi kader dan simpatisan PKS di masa pandemi. 

Webinar dengan tema "Cinta PKS, Wujudkan Keluarga Tangguh di Masa Pandemi" ini menghadirkan dua narasumber yakni  Zenal Satiawan sebagai Kosultan Keluarga, dan Suryani sebagai Parenting Enthusiast. Sebanyak 84 emak-emak baik kader maupun simpatisan PKS Kota Batam menyimak dan aktif menjadi peserta. 

Ketua DPD PKS Batam Yusuf turut memberikan sambutan dan menyinggung tentang fungsi keluarga.

Kata Yusuf, keluarga mempunyai tiga fungsi yaitu fungsi sekolah atau tarbiyah, harus menjadi tempat yang nyaman buat belajar dan saling berbagi tanggung jawab. Lalu, keluarga juga berfungsi sebagai rumah sakit yaitu sebagai tempat yang nyaman untuk mengobati ruhiyah dan tempat untuk rehat dari kepenatan aktivitas dunia.

"Keluarga juga berfungsi sebagai masjid atau musalla, sebagai rumah yang nyaman yang bisa mengondisikan penghuninya dalam beribadah dan saling mengingatkan dalam ketaatan kepada Allah," kata Yusuf. 

Dalam webinar ini Suryani memaparkan kondisi pandemi saat ini dan alternatif usaha-usaha apa yang bisa dilakukan para ibu untuk menghadapinya. Juga disampaikan harapan ke depan terkait masalah yang dihadapi dengan basis keluarga dengan melibatkan peran Rumah Keluarga Indonesia (RKI) setempat. 

Perlu diketahui, di Kota Batam saat ini RKI telah hadir di tiap kecamatan bahkan sudah ada juga di tingkat kelurahan. 

Suryani yang merupakan politisi PKS Kepri menyebutkan bagaimana pandemi saat ini mengakibatkan kondisi serba sulit dan bisa menimbulkan masalah yang serius, utamanya dalam hal ekonomi keluarga, para ibu diharapkan dapat berperan membantu keuangan keluarga. 

"Ibu-ibu RKI harus memiliki kemampuan lebih untuk membantu dan menopang tanggung jawab suami dalam hal mencari nafkah," ujar Suryani. 

Hal yang senada juga disampaikan Zenal Satiawan, ustaz yang juga konsultan keluarga di Kota Batam. 

"Tingkat stres dan beban ibu-ibu sangat tinggi terkait tanggung jawab pekerjaan rumah, pembelajaran jarak jauh PJJ, dan pengasuhan anak-anak," kata Zenal, "jika tidak disiasati dengan baik maka akan berdampak buruk."

"Suami istri harus berperan serta, bersinergi bersama membangun dan mengokohkan pondasi," ujar Zenal Satiawan. 

Dia juga mengutip pernyataan dari  Kementerian Perlindung­an Perempuan dan Pemberdayaan Anak terkait 5 Dimensi Ketahanan Keluarga yaitu: Landasan Legalitas dan Keutuhan Keluarga, Ketahanan Fisik, Ketahanan Ekonomi, Ketahanan Sosial Psikologis, dan Ketahanan Sosial Budaya.

"Ketahanan keluarga mencermin­kan kecukupan dan kesinambungan akses suatu keluarga terhadap pendapatan dan sumber daya agar mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti pangan, air bersih, pelayanan kesehatan, pendidikan, perumahan, partisipasi di dalam masyarakat, dan integrasi sosial," tutup Zenal.

Webinar Keluarga melalui Zoom ini dimoderatori Hanifah Sugiarti, Biro Kajian Perempuan, Anak, dan Keluarga dari BPKK PKS Kota Batam. Para peserta serius menyimak dan ikut aktif dalam acara, panitia juga menyediakan doorprize bagi peserta yang aktif.(hnf/rf)

Posting Komentar

 
Top