GuidePedia

0
Zenal Satiawan (kanan) dan Syaifudin Fauzi (kiri) sesaat sebelum kajian online dimulai

PKS Kepri
- Kepri – Kajian Online dan Bedah Buku ‘Menjawab Kegelisahan Aktivis Dakwah’ (MKAD) yang diinisiasi Dewan Syariat Wilayah (DSW) PKS Kepri sukses terlaksana Sabtu malam (20/2/2021). 

Acara ini disambut antusias dengan partisipasi ratusan kader PKS dan masyarakat umum di aplikasi Zoom dan ribuan peserta menyimak secara live di channel YouTube PKSTV dan Fans Page PKS Kepulauan Riau. Tidak hanya Kepri, para peserta juga dari provinsi lain.

Kajian ini menghadirkan dua narasumber yakni Dr. Zenal Satiawan, Lc, MA, yang merupakan Ketua DSW PKS Kepri sebagai pembicara pertama dan H. Farid Nu’man Hasan, SS, penulis buku MKAD sekaligus Sekretaris Komisi Kajian dan Bayan DSP PKS sebagai pembicara inti. 

Ustaz Zenal memaparkan tentang pengantar Fiqih dan sikap moderat dalam menyikapi ikhtilaf furu’iyah saat ini. “Jika seandainya seseorang mendapati perbedaan fiqih, hendaklah jangan terlalu dibesar-besarkan dan disalahpahami sehingga menimbulkan perselisihan dan perpecahan."

Adapun Farid Nu’man Hasan memaparkan buku MKAD yang tersusun dalam bab: Aktivis dan Amaliah Ibadah, Aktivis dan Metode Tarbiyahnya, Aktivis dan Jalan Dakwahnya, serta Tarbiyah dan Peran Muslimah. 

Ustaz Farid memaparkan, para aktivis dakwah adalah para da’i dari berbagai kultur keberagamaan yang harus merekatkan umat dalam ikatan ukhuwah islamiyah.

"Setiap aktivis dakwah jangan bersikap tekstual dan kaku dalam memahami literatur, jangan gampang menyalahkan orang yang berbeda dalam masalah furu’iyah, namun hendaknya memberikan solusi hukum berdasarkan ‘urf yang shahih, yang berlaku di daerahnya," pesan Ustaz Farid. 

Farid Nu'man Hassan saat menyampaikan kajian melalui Zoom dan disiarkan live di YouTube PKSTV

"Bekali diri dengan pendalaman fiqih dakwah, fiqih waqi’ (realitas), fiqih ikhtilaf, juga fiqih i’tilaf," ajaknya. 

Di akhir acara H. Syaifudin Fauzi Sekretaris DSW PKS Kepri yang menjadi moderator membuka sesi diskusi dan tanya jawab. Kajian dan Bedah Buku Online ini kemudian ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh ketua DSW Kepri Dr. Zenal Satiawan.

Post a comment

 
Top