GuidePedia

0
Mantan ketua MPR RI Amien Rais turut menyuarakan aspirasi dalam Aksi Bela Rohingya, Sabtu (16/9). (PKS Foto)
PKS Kepri - Jakarta (16/9) - Mantan ketua MPR Amien Rais menuturkan pemerintah Indonesia saat ini memiliki amanah konstitusional dalam menyikapi tragedi kemanusiaan yang terjadi pada etnis Rohingya di Myanmar.

"Pemerintah Indonesia mempunyai tugas konstitusional yang harus dilaksanakan jika terjadi penindasan di belahan bumi manapun," ujar Amien saat menghadiri aksi Bela Rohingya di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (16/9/2017).

Sebelumnya, Amien mengutip kalimat dalam pembukaan konstitusi negara UUD 1945 yang menyatakan "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan."

Tokoh PAN ini menilai pembukaan UUD menjadi dasar yang jelas untuk pemerintah Indonesia bertindak tegas atas kejadian yang menimpa etnis Rohingya. Selain itu, Amien menuturkan pula sikapnya yang sesuai dengan pernyataan ketua partai Gerindra Prabowo Subianto yang turut hadir dalam aksi tersebut.

"Saya menyetujui apa yang disampaikan Pak Probowo. Kita harus menjadi bangsa yang kuat dan bisa memberikan pengaruh kepada negara lain," terangnya.

Sumber ://pks.id

Posting Komentar

 
Top