GuidePedia

0
PKS KepriPartai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyiapkan kandidat untuk maju sebagai pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat. Ketua Dewan Pimpinana Pusat PKS Mardani Ali Sera mengatakan kandidat itu akan maju dalam satu paket dengan Koalisi Merah Putih.

"Pak Hidayat dan Pak Sohibul Iman diantara mereka yang disiapkan. Mereka selain senior juga punya kapasitas yang utama," kata Mardani, Selasa 26 Agustus 2014.

Berdasarkan revisi UU Undang-Undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) yang baru disahkan Selasa 8 Juli 2014, mekanisme pemilihan pimpinan DPR berubah dari sistem proporsional menjadi sistem paket.

Bila pada sistem proporsional pimpinan DPR diberikan kepada partai pemenang Pemilu Legislatif, maka pada sistem paket pimpinan DPR dipilih langsung oleh anggotanya berdasarkan partai politik.

Menurut Mardani, PKS tidak mengincar kursi ketua DPR di periode mendatang. Namun, dua kandidat yang disiapkan itu diproyeksikan untuk menjadi wakil ketua DPR mendampingi calon ketua DPR yang diajukan oleh Koalisi Merah Putih.

"Untuk posisi ketua DPR tidak. Paket untuk wakil iya. PKS mendorong koalisi Koalisi Merah Putih maju dalam satu paket," kata dia. [viva]

Post a Comment

 
Top