GuidePedia

0
PKS Kepri - Terlepas berbagai isu negatif yang menimpa kader-kader PKS, baik karena terlibat korupsi atau poligami, PKS masih memiliki ciri partai kader dengan jejaringnya yang kuat di lapisan bawah.

Komentar cendekiawan Komaruddin Hidayat ini terkait kampanye perdana Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) yang dihadiri ratusan ribu massa, Minggu (16/3).

“Ekslusivisme PKS ini menjadi salah satu kekuatan, dan sekaligus kelemahan atau hambatan untuk menjadi besar,” papar Komaruddin kepada redaksi KABARLAIN, kemarin.

Dalam pandangan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta ini, kepercayaan publik terhadap partai politik yang berlandaskan keagamaan makin melemah. Realitas ini berkelindan dengan aroma korupi yang tumbuh subur di partai yang berbasis agama.

Kenyataan ini dalam perspektif Komaruddin Hidayat, mempertegas simbol-simbol keagamaan tak secara otomatis mampu melakukan kontrol terhadap perilaku kader partai yang berbasis agama.

“Kalau partai menggunakan simbol-simbol agama tapi tidak berhasil melahirkan negarawan dan tidak menunjukkan prestasinya, ya wajar saja kalau partai-partai keagamaan semakin surut,” kata Komaruddin.

Menyimak kampanye perdana PKS, Komaruddin memandang, ada fenomena lain di tubuh partai yang berbasis agama ini. Fenomena itu dapat dilihat dari kuatnya ikatan di di jaring lapis bawah partai. [kabarlain.com]

Post a Comment

 
Top