GuidePedia

0

Tahun 2013, menjadi tahun yang luar biasa, terutama bagi partai dakwah yang kukenal sejak kecil ini. Yah, kedua orang tuaku adalah kader partai ini, wajar kalau sejak kecil sudah tak asing lagi bagiku partai ini, walau dahulu masih bernama PK (Partai Keadilan). Begitu banyak bakti dan kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan partai ini, tak jarang aku ikut serta di dalamnya. Semua kegiatan itu benar-benar memberi dampak nyata bagi masyarakat, begitu seingatku. Mulai dari baksos, pertolongan korban bencana, layanan kesehatan, dan lain-lain begitu bermanfaat, walau jarang diliput media.

Namun ada yang menarik bagiku pada tahun 2013 ini. Tahun dimana orang menyebutnya sebagai tahun politik, menjelang pemilu 2014. Selalu menarik membicarakan partai yang satu ini. Kerja-kerja para kadernya yang luar biasa dan penuh keikhlasan, itu yang selalu kuyakini, senantiasa melahirkan inovasi-inovasi luar biasa dalam membangun masyarakat madani. Akhirnya kucoba merangkum beberapa kegiatan dan inovasi yang lahir dari kader-kader partai dakwah ini selama tahun 2013.

PKS Harlem Shake

Masih ingat video muslim harlem shake yang diunggah di youtube? Awal tahun 2013, video harlem shake menjadi trend terutama di kalangan anak-anak muda. Ternyata pemuda-pemuda di PKS tahu cara berkreasi yang islami. Muslim harlem shake, itulah salah satu karya dari ide kreatif kader-kader partai ini. Dengan judul ENLIGHTMENT PEOPLE...INSYA ALLAH AFTER DARKNESS TO RISE THE LIGHT, video ini mampu menarik perhatian kalangan muda. Brilian, kreatif, dan sarat pesan islami, itulah yang tergambar di video muslim harlem shake ini. Sampai tulisan ini ku buat sudah ada 228.360 viewers dan 1.871 komentar.

Aleg Ngepel Musholla Warga

Tepatnya di daerah Pedurungan, Semarang, Jawa Tengah. Waktu itu bertepatan dengan bulan Maret tanggal tiga, sekaligus sosialisasi nomor urut PKS (3). Kader partai yang satu ini sungguh luar biasa. Tak hanya sering turun langsung ke masyarakat, bahkan alegnya pun mau ikut ngepel musholla warga. Dari berita-berita yang kubaca bahkan ada yang melakukan aksi masak dirumah warga, nyabutin rumput, membersihkan halaman, sampai menjadi tukang pijat untuk warga. Kalau baksos, layanan kesehatan, bantuan banjir dan semisalnya itu sih sudah dari dulu, hehe. Ini benar-benar pelayanan yang real.

Suksesnya Jawa Barat

Tahun 2013 juga merupakan tahun terpilihnya kembali gubernur Jawa Barat dari PKS, Ahmad Heryawan atau lebih dikenal dengan Aher. Belum setahun, raihan prestasi dan penghargaan dalam membangun Jawa Barat kembali beliau raih. Sukses dalam membangun Jawa Barat merupakan bentuk kerja nyata kader PKS ini dalam melayani masyarakat. Dan kalau dihitung semenjak beliau menjabat di 2008 sampai sekarang ada sekitar 132 penghargaan yang diraih Aher. Silahkan saja cari berita-berita tentang kesuksesan Aher memimpin Jawa Barat, sungguh luar biasa.

Suksesnya Bandung dan Depok

Masih ingat bulan Juni lalu? Yap, bandung memilih, dan terpilihlah wali kota bandung dari kader PKS, Ridwan Kamil. Segera setelah menjabat, Ridwan Kamil langsung bekerja membenahi kota Bandung. Terbukti, baru tiga bulan menjabat gebrakannya sungguh luar biasa. Mungkin yang sering ke bandung bisa merasakan perubahan itu. Melalui program kerjanya “Bandung juara” Ridwan Kamil terus membenahi kota bandung, mulai dari pembersihan gorong-gorong, revitalisasi sungai, penataan jalan kota dan masih banyak lainnya. Beliau juga menggagas program kerja bakti pekanan tiap kecamatan, dan tak jarang beliau turun langsung membantu di lapangan, seperti halnya kader-kader PKS lainnya. Salah satu yang saya suka adalah website beliau, www.ridwankamil.net keren :)
Kita beralih ke depok. Warga Depok pasti sudah tak asing dengan Nurmahmudi Ismail. 2010 lalu ia terpilih kedua kalinya menjadi wali kota Depok. Salah satu kinerja kader PKS ini terbukti di 2013, Depok menjadi kota dengan Indeks integritas kota sebesar 6,82 melebihi standar KPK yaitu 6,00. Kemudian bertepatan dengan hari anak, depok meraih penghargaan kota layak anak. Di tahun ini pula, Nurmahmudi bersama pemkot menyiapkan dana santunan kematian sebesar 7,1 miliar. Tiap warganya yang meninggal dan tak mampu akan di berikan santunan dua juta kepada ahli warisnya. Sekarang Depok menjadi kota yang maju dan melayani di bawah kepemimpinan beliau.

Cinta Kerja Harmoni

Sebelum kepemimpinan partai ini dipegang Ust. Anis Matta, slogan PKS adalah bersih, peduli, profesional. Kemudian setelah berganti kepemimpinan, slogan PKS berubah menjadi Cinta Kerja Harmoni. Tetap saja bersih, peduli, dan profesionalitas partai ini kuyakin tak sedikitpun hilang. Tapi bagiku sungguh menarik slogan baru cinta, kerja, harmoni ini. Melibatkan emosi, amal, dan juga kebersamaan, ketiga hal ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa jika ada bersama pekerjaan, apapun itu. Bagiku sebenarnya hal ini bukan hal baru di partai ini, dan betul-betul menggambarkan jati diri partai dakwah ini. Contoh saja, ketika relawan PKS membantu korban bencana alam, mereka tak sedikitpun digaji, apalagi kalau bukan atas landasan cinta dan keikhlasan mereka mau melakukan itu? Untuk harmoni, ke solidan partai ini sudah banyak dibicarakan, bahkan diakui oleh banyak pengamat.

LT3B

PKS punya target 3 besar di pemilu 2014. Untuk merealisasikan itu partai ini membentuk kegiatan yang dinamakan LT3B atau Liqo Tantsiqi Tarbawi Tiga Besar. Semacam konsolidasi rutin untuk para kadernya sekaligus sosialisasi PKS ke masyarakat. Yang menarik bagiku adalah salah satu tujuan acara ini; memastikan bahwa seluruh kader PKS TIDAK ADA YANG MENGANGGUR dalam memperjuangkan dakwah. Wah, ini semakin membuktikan keseriusan PKS dalam bekerja, berjuang untuk dakwah, bukan hanya main-main.

Yang lebih menarik lagi LT3B beberapa bulan lalu di Pangkalpinang. Dalam salah satu agenda LT3B, yaitu sosialisasi ke masyarakat, kader PKS Pangkalpinang mampu merekrut 573 warga Pangkalpinang untuk bergabung dengan PKS dalam waktu kurang dari tiga jam!

AYTKTM

Awalnya sebagian orang mungkin sempat bingung dengan singkatan ini, termasuk saya. Tapi setelah mencari tahu, AYTKTM singkatan dari Apapun Yang Terjadi Kami Tetap Melayani. Dari kalimatnya sudah tergambar apa kegiatan ini. Ini mungkin slogan untuk menggambarkan pengabdian partai ini sejak dahulu awal didirikan sampai sekarang, dan akan terus berlanjut. Juga wujud penghargaan kepada mereka yang telah bekerja dengan ikhlas melayani masyarakat. Apapun yang terjadi... slogan itu seakan menggambarkan bahwa kami bekerja dengan penuh keihklasan. Entah dipuji orang ataukah dicaci orang, kami akan tetap melakukan kebaikan. Kami akan tetap melayani. Kurang lebih seperti itu.

PEMIRA PKS

Andai saja pemilu di Indonesia seperti pemira PKS. Tidak mengeluarkan biaya banyak, tidak ada kerusuhan, tidak ada pihak yang merasa dirugikan, pilihan calon yang semuanya bermutu, dan tidak ada ‘pesanan’ agar memilih calon tertentu. Itulah beberapa gambaran Pemira PKS yang berlangsung beberapa bulan lalu. Hingga terpilih lima calon teratas, tak satupun pihak di internal partai yang merasa rugi dan keberatan. Semua menerima dengan senang dan percaya. Bahkan salah satu kandidat, ust. Anis Matta berkata, “Siapapun yang terpilih pemira adalah calon presiden terbaik dari PKS”  Sungguh miniatur perpolitikan yang teladan. Luar biasanya lagi, ini menjadi bukti eksistensi partai ini setelah diterjang kasus. Partai ini mampu membuktikan kualitasnya ditengah badai ombak yang menerjang. Dan melalui pemira PKS ini juga membuka tabir bahwa begitu banyak stok kader-kader PKS yang berkualitas. Tak sulit mencari calon presiden di partai ini. Luar biasa.

Itu beberapa hasil kerja partai dakwah ini sepanjang tahun 2013. Saya yakin masih banyak hasil-hasil kerja mereka lainnya yang tak sempat ku tulis disini. Selayaknyalah negeri ini berterimakasih atas Karunia Allah yang diturunkan melalui partai ini, walau mereka tak mengharapkan ucapan terimakasih itu. Semoga Allah membalas semua kerja mereka dengan surga. Semoga PKS bisa terus melahirkan kerja-kerja nyata yang akan terus dirasakan manfaatnya oleh masyakat, khususnya ummat ini. Menarik untuk kita nanti ‘kejutan’ baru yang akan diberikan partai ini di tahun 2014, Allahu musta’aan..

Raji Luqya Maulah
Mahasiswa LIPIA

Post a Comment

 
Top