GuidePedia

0

Suryani, S.E., M.I.Kom menjadi salah satu calon anggota legislatif (Caleg) DPR RI pada Pemilu 2024. Ia mewakili Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).
 
Untuk kursi DPR RI, hanya ada 1 Dapil di Provinsi Kepri yang meliputi 7 kota/kabupaten yaitu Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Anambas, dan Natuna.

Suryani merupakan salah satu tokoh dan politisi perempuan senior di Kepulauan Riau. Karir politiknya dimulai sejak dirinya bergabung di PKS Kepri sejak awal partai ini berdiri. Kemudian ia menjadi anggota DPRD Provinsi Kepri berturut -turut dari tahun 2006 hingga 2020 ia mengundurkan karena sebagai kontestan dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Kepri yang saat itu menjadi calon wakil gubernur dalam pasangan Insani.

Selepas dirinya tidak lagi di DPRD, Suryani tetap menjalani aktivitas sebagai politisi dan tokoh perempuan baik di PKS maupun di lembaga-lembaga yang fokus dalam pelayanan masyarakat baik kepada petani dan nelayan maupun yang fokus pada perempuan, anak, dan keluarga.

Beberapa amanah yang diembannya saat ini di antaranya sebagai Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Kepri, Ketua Bidang Des, Tani, dan Nelayan PKS Kepri; Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia Kepri; Ketua Gempita (Gerakan Pemuda Tani Indonesia) Batam. 

Lalu Suryani menjadi Dai dan Anggota Komisi Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepri; Konselor Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) Gurindam Kepri; dan Anggota Dewan Pertimbangan Persaudaraan Muslimah (Salimah) Kepri.

Perempuan bergelar Magister Ilmu Komunikasi dari Universitas Mercu Buana, Jakarta ini jauh sebelumnya pernah bekerja di Kawasan Industri Muka Kuning, Batam dan menjadi dosen di salah satu lembaga pendidikan yang mencetak pendidik anak usia dini di Batam. 
Kini Suryani maju sebagai salah satu Caleg DPR RI untuk Dapil Kepri dari PKS dalam pemilihan umum 2024 yang akan digelar di seluruh pelosok negeri pada 14 Februari 2024.

Suryani adalah seorang istri dari Fungsionaris PKS Kepri, suaminya yang bernama Wildan Hadi Purnama merupakan Ketua Kaderisasi PKS Kepri. Pasangan ini dikaruniai 3 putra dan 1 putri. Kiprah Suryani dalam dunia politik dan pelayanan tak lepas dari dukungan penuh keluarganya.

Suryani merupakan perempuan yang tangguh dan kuat. Meski tak lagi duduk sebagai anggota DPRD, hari-harinya selalu dipenuhi dengan aktivitas bersama anggota PKS dan masyarakat umum. 

Provinsi Kepri dengan 7 kota/kabupaten dan wilayahnya meliputi 96% lautan 4% daratan ini sudah dan terus akan disusuri Suryani. Dengan perjalanan darat dan lebih banyak perjalanan laut, ia mengunjungi wilayah Kepri hingga pelosok dan pulau besar maupun kecil di mana jumlahnya mencapai 2.408 pulau.

Dengan aktivitas yang membuat waktunya lebih banyak berada di luar rumah ini menjadikannya sangat dikenal oleh masyarakat Kepri. Dengan maju sebagai calon dan duduk sebagai Anggota DPR RI di Senayan ia berharap khidmat dan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Provinsi Kepri.

Posting Komentar

 
Top