GuidePedia

0
Pelatihan frozen food memanfaatkan hasil laut yang melimpah bersama PKS Batam Kota

Kota Batam merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 329 pulau dan wilayah perairannya lebih luas dibandingkan wilayah daratan. Hal ini menjadikan hasil laut berlimpah dan sangat sesuai untuk mengembangkan produk olahannya.

Untuk itulah PKS Batam Kota melalui Rumah Keluarga Indonesia (RKI) mengadakan pelatihan membuat frozen food kekian yang bahan utamanya adalah ikan dan udang laut.

Pelatihan ini sebagai agenda untuk menyambut Hari Ibu tahun 2022, yang dilakukan di Perumahan Oma Batam Center, Ahad, 11 Desember 2022.

Pelatihan atau cooking class ini merupakan pendampingan bagi ibu rumah tangga untuk membuat varian usaha yang menghasilkan tambahan penghasilan dengan memanfaatkan bahan lokal yang tersedia dalam jumlah banyak.
Cooking class untuk pelatihan usaha dengan PKS Batam Kota

"Kita yang tinggal di wilayah Kepulauan Riau khususnya Batam, sangat diuntungkan dengan banyaknya hasil laut seperti ikan dan udang. Selain itu ikan dan udang juga memiliki banyak protein yang berguna untuk kecerdasan anak-anak, kali ini RKI hadir untuk memberikan pelatihan cara membuat frozen food kekian dari bahan utama ikan dan udang," kata Indri, Ketua RKI Batam Kota, kepada peserta

Pelatihan ini dipandu oleh salah satu anggota RKI Batam Kota yang juga juga pemilik usaha frozen food terkenal dan produknya tersebar di wilayah Batam, yaitu Mila Kurwana.

"Kekian ini bisa dibuat dari ikan dan udang cincang. Selain itu, bungkusnya bukan daun pisang melainkan kulit kembang tahu," jelas Mila ketika membuka pelatihan.

"Selain bergizi kita juga bisa memanfaatkan hasil laut para nelayan di Kepri untuk membuatnya," lanjut Mila.
Ketua RKI Batam Kota Indri Yusliana bersama pemandu cooking class Mila Kurwana dan Ketua RKI Kota Batam Siti Nurul Syamsiyah (ki-ka)

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta. Mereka diajak praktik secara langsung dalam proses membuat kekian dan dijelaskan cara pengemasan dan penyimpanannya di freezer.

Posting Komentar

 
Top