GuidePedia

0

Titik Yuliani, salah satu peserta mentoring yang sedang melakukan presentasi

BATAM -- Tanpa terasa, Mentoring Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Batam Angkatan Pertama menggenapi masa pelatihannya. Bulan Maret 2022 ini sudah tiga bulan masa mentoring yang diresmikan pada tanggal 12 Desember 2021 lalu.

Bertempat di Kantor DPD PKS Kota Batam di Taman Niaga Sukajadi, pelaksanaan Mentoring UMKM Anggota PKS Kota Batam ini bekerja sama dengan Akademi Melayu Dermawan (AMD). Pada dua sesi akhir pelatihan yang dimulai Sabtu (5/3/2022) ini peserta mempresentasikan masing-masing produk beserta perkembangannya dalam proses mentoring. 

Sebanyak 26 peserta menyusun bahan presentasi sesuai dengan yang dialami selama proses mentoring. Satu persatu peserta menampilkan slide sambil memberi penjelasan. Bagi peserta yang belum tampil, diberi waktu pada pertemuan terakhir Sabtu pekan depan.

Kata Direktur AMD yang juga mentor dalam presentasi ini, Marlina Ramli, pelaku usaha juga mesti menguasai keterampilan berkomunikasi.
Sebagian peseeta mentoring bersama Deputi Ekonomi DPD PKS Kota Batam Pak Pres Mutohar (kaus merah jongkok) dan mentor dari AMD Marlina Ramli (berdiri paling kiri) dan Shofar Fitrotul (berdiri paling kanan)

"Kita semua harus bisa melakukan presentasi yang menjadi bagian dari sesi akhir pendampingan. Karena setiap pelaku usaha harus menguasai communication skill," ujar Marlina.

"Keterampilan berkomunikasi ini learning by doing, dipelajari sambil berjalan dan dikerjakan terlebih dahulu dan terus menerus," tambahnya.

Sebagaimana harapan PKS Batam, pelatihan ini sebagai pendampingan bagi Anggota PKS yang memiliki usaha agar tumbuh berkembang dan maju. Diharapkan juga segera dibuka pendaftaran untuk angkatan berikutnya.

Pendampingan ini juga tidak berhenti sampai berakhirnya sesi kelas yang selama tiga bulan, tetapi bersama AMD, peserta akan mendapatkan pendampingan dan konsultasi tanpa batas. Setelah setelah kelas mentoring selama tiga bulan, peserta akan terus bisa berkomunikasi dan tetap mendapatkan bimbingan dari para mentor.
Kusno Banu owner Omah Bakso, salah satu peserta mentoring sedang presentasi

Ketua Deputi Ekonomi PKS Kota Batam Mutohar atau biasa dipanggil Pak Pres menyampaikan, tujuan Mentoring UMKM ini agar usaha yang dimiliki para Anggota PKS menjadi lebih baik dan maju.

"Ini kita buat agar Kader PKS pelaku usaha, bisa semakin maju, menjadi lebih baik kualitas produk dan omzet usahanya," kata Pak Pres.

Posting Komentar

 
Top