GuidePedia

0
Sebagai muslimah, sudah semestinya berperilaku yang baik sesuai dengan tuntunan dalam agama Islam. Karena Islam adalah agama yang syumul, lengkap. Di dalamnya terdapat panduan lengkap dalam segala aspek kehidupan sehari-hari.

Di antara perilaku yang harus muslimah perhatikan adalah: selalu menjaga lisan ketika berbicara dengan siapa pun, memuliakan tamu, dan berbuat baik kepada tetangga.

Dalam Hadits Bukhari dan Muslim, disebutkan ada kewajiban umat muslim untuk menjaga lisannya. ”Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia mengucapkan perkataan yang benar atau (lebih baik) diam.”

Dalam hal perkataan ini, muslimah hendaknya memerhatikan adab berbicara.

1. Menghindari ghibah, mencaci maki, mengejek atau mencela.
2. Menghindari banyak bicara. 
Khalifah Umar bin Khattab berpesan: "Banyak bicara, banyak salahnya, banyak salahnya banyak dosanya, kalau banyak dosanya maka neraka tempat yang layak baginya."
3. Berbicara untuk menjelaskan kebenaran

Terhadap tamu, Islam menuntunkan agar berbuat baik dan memuliakannya. Hadist riwayat Muslim dan Bukhari, Rasulullah Saw bersabda: “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya.”

Sementara kepada tetangga, muslimah juga semestinya berperilaku yang baik. Tetangga adalah orang yang paling dekat rumahnya. Dalam Islam, tetangga memiliki hak-hak tertentu sebagaimana disebutkan Hadits Rasulullah Saw.

"Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka janganlah ia mengganggu tetangganya." (HR Bukhari)

"Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidak sempurna keimanan seseorang hingga ia menyukai bagi tetangganya apa yang ia sukai bagi dirinya." (HR Muslim)

Imam Al-Ghazali dalam risalah berjudul al-Adab fid Din, ada beberapa adab yang bisa dipakai muslimah dalam bergaul dengan tetangga.

1. Mendahului berucap salam
2. Tidak lama-lama berbicara
3. Tidak banyak bertanya
4. Menjenguk tetangga yang sakit
5. Ikut bela sungkawa ketika tetangga tertimpa musibah
6. Ikut bergembira atas kegembiraan tetangga
7. Memaafkan kesalahan tetangga
8. Memberikan pertolongan ketika diperlukan

Itulah tentang perilaku baik yang semestinya muslimah lakukan. Materi ini disampaikan Endang Sutrisnowati dari Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Batam Kota dalam mengisi Kajian Muslimah di Majelis Taklim Perumahan Bukit Raya pada Ahad, 6 Februari 2022.
Endang memotivasi para jamaah untuk terus memperbaiki diri dengan menghadiri majelis-majelis ilmu yang membawa dampak positif. "Sering-seringlah datang ke majelis ilmu, agar bisa berkumpul dengan teman-teman yang baik dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat."

Kajian ditutup dengan pembagian mushaf Al-Qur'an dan kalender PKS.

"Senang sekali bisa gabung pada taklim hari ini, semoga kedepannya RKI bisa sering berkunjung ke Bukit Raya," ujar salah satu jamaah taklim.

Posting Komentar

 
Top