GuidePedia

0
SUNGAI BEDUK (16/11) -- Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sungai Beduk bekerja sama dengan Remaja Islam Masjid Baitussalam (RIMBAS) menggelar Seminar Pra Nikah di Muka Kuning, Sungai Beduk, Ahad (14/11/2021).

Seminar dengan tema Kiat Menata Diri Saat Menanti Pasangan ini diikuti 51 peserta yang merupakan muda mudi yang bekerja di beberapa kawasan industri Muka Kuning.

Nara sumber utama pada seminar ini adalah pasangan suami isteri serasi yakni Elvan dan Suprapti. Mereka memaparkan materi secara serius namun tetap santai bahkan menimbulkan gelak tawa dari peserta.

Pada sesi pertama Suprapti memaparkan tentang apa saja yang harus disiapkan selama menunggu pasangan hidup, khususnya oleh para perempuan.

"Berbicara tentang pernikahan, kita bisa merujuk pada Alquran Surah Annisa ayat 1. Di situ dijelaskan bahwa setiap diri diciptakan satu jiwa, maka jangan khawatir jika kita belum dipertemukan dengan belahan jiwa kita. Dan dalam penantian tersebut, sebaiknya kita sibukkan dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya," kata Suprapti.
Ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan, khususnya bagi para perempuan di saat menanti pasangan hidup.

Meluruskan niat. Hendaknya niat menikah karena ibadah, bentuk ketaatan pada Allah, mengikuti sunnah Rasul, sebagai investasi akhirat, menyempurnakan setengah agama, dan untuk memberikan ketenangan atau ketentraman hidup.

Lalu memantaskan diri menjadi muslimah yang baik, berusaha melaksanakan Islam secara kaffah, memperbaiki pola hidup dan meningkatkan life skill atau keterampilan, dan tazkiyatun nafs menjaga hati dan diri.

Perlu diperhatikan bahwa tidak ada pacaran dalam Islam sebelum terikat pernikahan.

Selanjutnya mengisi masa penantian dengan amal-amal terbaik dan perbanyak teman yang baik, belajar dari wanita-wanita hebat seperti para shahabiyah, dan menggantungkan harapan hanya kepada Allah melalui doa dan ibadah.

Sedangkan Elvan menyampaikan materi pada sesi kedua yang dikhususkan bagi peserta laki-laki dalam mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin dalam rumah tangga. 
Elvan menyebutkan beberapa poin alasan mengapa harus menikah dan meneruskan keturunan. "Di antaranya karena manusia memiliki kedudukan spesial sebagaimana diterangkan dalam beberapa ayat Alquran, bahwa manusia diciptakan dengan sebaik-baik bentuk, lalu tugas manusia adalah sebagai khalifah atau pemimpin di muka bumi."

Adapun laki-laki mengemban amanah sebagai pemimpin, termasuk sebagai pemimpin dalam rumah tangga. Oleh karena itu, persiapkan tiga hal sebelum menuju jenjang pernikahan di antaranya yaitu persiapan ruhiyah, persiapan fisik, dan persiapan finansial.

Posting Komentar

 
Top