GuidePedia

0

PKS Kepri - Anggota DPRD Kota Batam, Sukaryo mengatakan ekonomi kerakyatan perlu mendapatkan perhatian khusus dalam membangun prekonomian di Kota Batam. Ibu-ibu rumah tangga yang sebagian besar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Batam ini memiliki semangat dan keseriusan untuk maju.

"Ada ibu-ibu diperumahan Griya Batuaji yang menyampaikan kepada saya bahwa mereka tidak mau jadi ibu-ibu yang biasa-biasa saja, tetapi menjadi ibu-ibu yang luar biasa". Ini menunjukan keseriusan mereka untuk maju membangun ekonomi keluarga," kata Sukaryo di Sagulung saat menggelar reses, Senin (25/4/2016).

Sukaryo mendorong pemerintah Kota Batam untuk serius dalam membantu UMKM yang ada di Kota Batam yang jumlahnya cukup banyak. Menurutnya pemerintah harus memiliki pola atau cara bagaimana dapat mengakses UMKM hingga ke tingkat RT bukan hanya ditingkat kelurahan atau di kecamatan saja.

"Pemerintah harus sering-sering memberikan pelatihan dan juga membantu memasarkan dari produk yang dibuat serta membantu permodalnya,"katanya.

Masih Sukaryo, ibu-ibu yang belum memiliki kemampuan ada yang meminta untuk dapat diberikan pelatihan berupa menjahit, memasak dan sebagainya.

Ketua FPKS DPRD Batam ini menyampaikan, cukup banyak ibu-ibu di kota Batam yang memiliki kemampuan untuk memproduksi kerajinan-kerajinan rumahan atau home Industry, baik itu makanan maupun aksesoris yang memiliki nilai jual.

Saat acara reses tersebut ibu-ibu banyak mengeluhkan tentang sulitnya memasarkan produk dan juga permodalannya. Mereka punya kerajinan tidak tau mau dijual kemana dan juga kebingungan mau mengembangkan usahanya karena tidak tau bagai mana untuk mencari tambahan modal.

Untuk itu UMKM harus mendapat perhatian serius," tutup Sukaryo.

Post a Comment

 
Top