GuidePedia

0
PKS KepriGubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, siap blusukan guna mencari wilayah yang belum tersentuh oleh listrik.
Saat ini, Pemprov Jabar sendiri masih kebingungan mencari wilayah yang benar-benar belum teraliri listrik sama sekali.

"Ternyata kita mendefinisikan daerah gelap masih gulita banget di Jabar itu agak sulit, karena kita masih memasukan kelompok elektrifikasi bagi rumah-rumah yang belum mempunyai listrik sendiri, padahal lokasinya masih perkotaan. Mereka masih nyantol dari tetangganya. Mereka belum mempunyai meteran sendiri," kata Heryawan kepada wartawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (11/11/2014).

Menurut Heryawan, yang perlu diperhatikan adalah wilayah dipelosok serta jauh di keramaian. Pria yang akrab disapa Aher ini mengklaim hampir di setiap wilayah yang dilintasi jalan provinsi sudah terang.

"Contohnya wilayah Cidaun itu sudah hampir udah pakai listrik. Jalan provinsi Cidaun-Ciwidey juga sudah. Mungkin kedalamnya masih ada yang belum teraliri listrik," kata Aher.

Aher berjanji akan memfokuskan kawasan yang belum teraliri listrik. Oleh sebab itu, perlu dirumuskan kembali wilayah tanpa aliran listrik. Dalam waktu dekat pihaknya akan mencari tempat-tempat yang belum ada listriknya.

"Nanti kita blusukan ke pelosok banget, kalau blusukan biasa gak ketemu-ketemu. Selama ini saya dengan teman-teman kemana-mana tidak ketemu yang tidak ada listriknya," ucapnya.

Sebagai contoh, lanjut Aher, ketika datang meresmikan program elektrifikasi atau Jabar Caang selalu digelar di perkotaan. Seperti yang dilakukan belum lama ini di Kabupaten Purwakarta.

"Itu kita nyalakan listrik di rumah baru yang belum berlistrik. Tapi di sekeliling rumah itu sudah ada listrik," jelas Aher.

Disinggung mengenai sebanyak dua juta rumah di Jabar belum teraliri listrik, Aher menyebut separuhnya kemungkinan berada di Kota-kota. Banyak warga di perkotaan listriknya masih nyantol ke tetangga.

"Nah yang kita cari itu sekarang bukan yang nyantol," kata Aher. [inilah]

Post a Comment

 
Top