GuidePedia

0
Salah Satu Sudut Jalan Raya Batam
PKS Kepri - Angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya dan ratusan nyawa tewas sia-sia di jalan raya. Di Batam, sepanjang tahun 2013 telah terjadi sebanyak 430 kasus laka lantas dan 113 orang dilaporkan meninggal dunia.

"Sepanjang tahun 2013, tercatat ada 430 kasus laka lantas di Batam, dan 113 orang meninggal dunia karena laka lantas di jalan raya," kata Kanit Laka Satlantas Polresta Barelang, Iptu Eriman, Jumat (3/1/2014).

Berdasarkan data yang dihimpun dari unit Laka Lantas Polresta Barelang, sebanyak 208 orang mengalami luka berat dan 466 orang mengalami luka ringan. Sedangkan kerugian materil mencapai Rp3,1 miliar.

Dari 430 kasus laka lantas di Batam, 87 kasus merupakan kasus tabrak lari dan hanya sebagian pelaku tabrak lari berhasil ditangkap dan kasusnya selesai diproses kemudian dilimpahkan ke kejaksaan. "Kasus tabrak lari juga cukup tinggi, tercatat ada sebanyak 87 kasus tabrak lari," jelasnya.

Untuk penyelesaian kasus laka lantas, lanjut Eriman, pihaknya telah menyelesaikan sebanyak 343 kasus atau 79 persen dari total laka lantas di tahun 2013. "Rata-rata perbulannya kami menyelesaikan sebanyak 30 peristiwa laka lantas," kata mantan Kanit Laka Polsek Batuaji ini.

Dibandingkan dengan kasus laka lantas di tahun 2012 lalu, angka laka lantas meningkat tajam dan mencapai kenaikan hingga 100 persen. Dimana pada tahun 2012, tercatat 271 kasus laka lantas, 119 orang meninggal dunia, 146 orang luka berat, 183 orang luka ringan, kerugian material mencapai Rp1,1 miliar dan penyelesaian perkara sekitar 70 persen. "Sedangkan kasus tabrak lari di tahun 2012 lalu tercatat sebanyak 86 kasus," kata Eriman.

Untuk menekan angka laka lantas yang selalu meningkat tiap tahunnya, Eriman mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan raya untuk selalu menjaga keselamatan dan berhati-hati selama berkendara. "Yang paling utama mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta berkendara dengan tertib di jalan raya dan tak kalah penting wajib memiliki surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK," harapnya. (batamtoday.com)

Post a Comment

 
Top