GuidePedia

0
BATAM -- Sekretaris Majelis Pertimbangan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (MPW PKS) Kepri, Suryani SE mengajak Anggota PKS bergandengan tangan melakukan banyak amal kebaikan untuk kemenangan dakwah.

Hal ini Suryani sampaikan saat mengisi kajian pada Tadabbur Alam RKI Batam Kota di Pantai Lagorab, Batu Besar, Nongsa, Senin (28/2/2022).

Kata Suryani, amal jamai adalah sebuah perbuatan atau kerja-kerja dalam melakukan amal yang dilakukan bersama-sama. Setiap individu memiliki amanah atau tugas masing-masing untuk menyelesaikan kerja-kerja dakwah. 

"Apa pentingnya amal jamai?" tanya Suryani kepada peserta.

Suryani yang juga Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kepri ini mengatakan, manusia adalah makhluk sosial sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an.

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu." (QS. Al-Hujurat: 13)

Bahwasanya keberagaman (heterogenitas) adalah sunatullah, dengan perbedaan bisa saling menguatkan. Diibaratkan sebuah bangunan, agar bisa menjadi kokoh dan indah perlu berbagai bahan untuk menopangnya; ada pasir, kerikil, semen, batu, cat, dan lain-lain, semua memiliki peran yang penting. 

"Jadi perlu kerja sama agar bisa menghasilkan bangunan yang indah," ujar Suryani. 

Pun, setiap individu harus mengenal lingkungan atau objek yang didakwahi. Dianjurkan untuk mengenal tetangga 40 ke kanan, kiri, depan, dan belakang rumah.

Sikap, perkataan, dan kebiasaan dilakukan dengan memberikan keteladanan dan disesuaikan dengan keadaan lingkungan tersebut.

Rasulullah adalah sebaik-baik teladan yang harus menjadi panutan. Rasulullah penuh kasih sayang, tidak suka menvonis, mengajak bukan menghakimi, dan memberikan empati kepada semua orang.

Suryani mengajak semua Anggota RKI agar bersatu dan bergandengan tangan melakukan pekerjaan-pekerjaan dakwah ke masyarakat. 

"Kenapa kita perlu berjamaah? karena satu orang sehebat apapun, ia mudah lemah. Seperti seekor domba yang sendirian akan mudah diterkam serigala. Mari berkerja sama bergandengan tangan melakukan banyak amal-amal kebaikan untuk kemenangan dakwah," tutup Suryani.

Posting Komentar

 
Top