GuidePedia

0
Hotnasari Ritonga (paling depan) saat rihlah bersama para ibu anggota majelis taklim di pantai 

Ketika menjalani kehidupan sehari-hari, beberapa kondisi biasanya menguji kesabaran dan keimanan seorang ibu rumah tangga. Misalnya saat menghadapi anak-anak atau saat belanja. 

Jika tidak diikuti dengan keimanan dan ruhiyah yang matang, kondisi tersebut tidak akan ada habisnya dan menguras waktu dan tenaga tenaga. 

Sedangkan Allah Swt memerintahkan kepada manusia untuk mempersiapkan diri masing-masing menghadapi kehidupan kekal di akhirat, yang sudah tentu harus mengalokasikan waktu sebaik mungkin.

Allah Swt berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al-Hasyr: 18

 وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ

"Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan."

Menjalani kehidupan ini kita dapat membagi waktu dengan sama rata. Yaitu sepertiga hari untuk urusan dunia, sepertiga hari untuk urusan akhirat, dan sepertiga hari untuk beristirahat. 

Jika sehari terdapat waktu selama 24 jam berarti 8 jam untuk mengurusi duniawi, 8 jam untuk kehidupan ukhrawi, dan 8 jam untuk istirahat.

Apakah selama ini waktu kita sudah tepat dalam membaginya? Bagaimana jika belum seimbang dalam menjalani tiga urusan di atas?

Di sinilah pentingnya mengatur waktu dengan baik dan memprioritaskan peruntukannya sehingga dapat menyeimbangkan urusan dunia dan akhirat. Jika sudah membagi waktu dengan sebaiknya, yang kita lakukan adalah bermuhasabah (evaluasi diri) dan merenungi, benarkah kita sudah mempersiapkan diri untuk bekal kehidupan akhirat?

Materi inilah yang dibawa Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sagulung di Majelis Taklim At-Taqwa Perumahan Puri Surya, Sagulung, Batam pada Sabtu, 5 Februari 2022. Materi tersebut disampaikan oleh Ketua RKI Sagulung, Hotnasari Ritonga.

Posting Komentar

 
Top