GuidePedia

0
BATU AJI (3/12) -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Batu Aji membuka Pelatihan Budi Daya Lele dengan Sistem Bioflok di Tanjung Uncang, Batu Aji, Kota Batam, Sabtu (27/11/2021) malam.

Hal ini untuk memfasilitasi masyarakat Batu Aji dalam usaha budi daya ikan dengan menyesuaikan ketersediaan lahan, cocok untuk diterapkan sistem bioflok yang tidak memerlukan lahan yang luas dan hemat air, sehingga produktivitas panen bisa lebih tinggi. 

Pelatihan pertama lebih kepada persiapan teknis budi daya ikan, khususnya lele, dengan sistem bioflok bersama Ketua Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Insani Mandiri, Sujiyanto. 

Pelatihan malam itu dibuka oleh Sekretaris DPD PKS Kota Batam Warya Burhanuddin, yang ia sebut sebagai sebagai sarana pelayanan PKS kepada masyarakat. 

"Kegiatan ini dalam rangka mendekatkan PKS dengan masyarakat dalam melayani umat," kata Warya, "salah satunya dengan memfasilitasi warga untuk mendapatkan pelatihan budi daya ikan lele."

Ketua DPC PKS Batu Aji Sunaryo pun berharap pelatihan ini menjadi manfaat bagi peserta. "Semoga dengan pelatihan ini dapat menambah wawasan masyarakat tentang budi daya lele serta menjadi jalinan ukhuwah."

Pelatihan ini sendiri merupakan lanjutan dari pertemuan sebelumnya tentang perkenalan budi daya ikan denagn sistem bioflok. Sujianto yang juga Ketua DPRa PKS Tanjung Uncang ini menerangkan dan menunjukkan cara membuat formula air yg cocok untuk budi daya ikan lele.

"Pelatihan ini bukan hanya teori tetapi nanti akan diimplementasikan dalam praktik di pertemuan selanjutnya," sebut Sujianto.

Peserta pelatihan malam itu sangat antusias dan penuh perhatian dari awal hingga selesai. Semua peserta pun ingin pelatihan budi daya ikan lele dengan sistem bioflok ini masih ada kelanjutannya dan dilakukan secara berkesinambungan.

Posting Komentar

 
Top