GuidePedia

0
Telur merupakan salah satu bahan utama dalam pembuatan kue, khususnya cake dan martabak. Salah dalam pengolahan telur pada adonan, bisa memengaruhi kualitas hasilnya.

Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Tanjung Uncang membagikan tips bagaimana mengolah telur yang tepat agar menghasilkan cupcake dan martabak telur yang enak pula; yang disampaikan dalam kelas masak/cooking class "Membuat Cupcake dan Martabak Telur" di Perumahan Permata Laguna, Tanjung Uncang, Batu Aji, hari Sabtu, 20 November 2021 lalu.
 
Anis Sriati dan Epi Nurhayati dari RKI Tanjung Uncang yang menjadi chef hari itu. Mereka memandu para ibu warga perumahan step demi step pembuatan cupcake dan martabak telur.

"Dalam membuat cake, yang perlu diperhatikan yaitu telur. Telur jangan dicuci dengan guyur atau rendam air ya Ibu-Ibu, karena air dapat masuk ke dalam pori-pori telur," kata Anis.

Kata Anis, telur cukup dibersihkan dengan cara dilap kain atau tisu yang dibasahi.

"Telur jangan dimasukkan ke kulkas, karena dapat berpengaruh pada hasil cake-nya, bisa ambles setelah matang," tambah Anis.

Lalu Epi menerangkan cara mengolah telur dalam adonan martabak telur. "Ibu-Ibu, untuk adonan kulit, agar tidak mudah kering bisa Ibu-Ibu lebihkan penggunaan telurnya."

Cooking class ini pun dilanjutkan dengan praktik pembuatan kedua penganan. Peserta terlihat menghayati setiap prosesnya. 

Ketika cooking class sudah siap, tak lupa peserta mencocokkan catatan resep yang dibagikan oleh kedua chef RKI Tanjung Uncang.


Resep Cupcake

Bahan:
5 butir telur 
1 gelas belimbing gula pasir
1 sdm ovalet atau baking powder 
1½ gelas belimbing tepung terigu
sachet SKM
½ gelas margarin cair
Sejumput garam
Sejumput vanili serbuk

Cara Membuatnya:
- Kocok dengan kecepatan tinggi telur, gula, dan ovalet hingga mengembang
- Masukkan garam dan vanili, kocok sebentar dg kecepatan rendah
- Masukkan tepung sedikit demi sedikit dan aduk rata dengan spatula
- Masukan tepung margarin cair, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata
- Tuang di kertas cake
- Panggang di oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 45 menit sampai matang atau sesuai dengan karakter oven masing-masing


Resep Martabak Telur

Bahan Kulit:
½ kg tepung terigu
4 butir telur
1 sdt garam/sesuai selera
1 sdm minyak goreng
Air secukupnya

Bahan Isian:
1 ons/lebih daun bawang dirajang
4 butir telur kocok lepas
5 biji sosis/bakso/ayam/daging, dicincang
½ bulatan bawang bombay diiris tipis-tipis
6 siung bawang putih dicincang halus
1 sdt garam
½ sachet lada bubuk
Penyedap rasa sesuai selera

Cara Membuat:
Adonan kulit: Campurkan terigu, telur, garam, dan minyak. Tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk dengan wisker atau mixer kecepatan rendah sampai tercampur rata tidak menggumpal dan adonan kental. Lalu cetak dengan wajan antilengket yang sudah dipanaskan. Sisihkan 

Isian: Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan sosis/bakso/ayam/daging sampai setengah matang, masukan daun bawang, terakhir masukan telur. Tumis hingga harum dan masak. Masukan garam, merica dan penyedap rasa. Sisihkan.

Martabak Telur: letakkan 2 sendok isian ke kulit martabak, lipat menjadi bentuk persegi dengan rapi dan rapat. Lalu goreng dengan minyak yang cukup hingga kulitnya krispi.

Posting Komentar

 
Top