GuidePedia

0
SEKUPANG (23/11) -- Harta selalu menjadi topik menarik untuk dibahas, bahkan menjadi tujuan hidup bagi sebagian manusia, hingga rela melakukan segala hal untuk mendapatkannya.

Namun banyak yang salah memaknai akan hakikat harta sesungguhnya. Melalui tausyiah taklim, Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Sekupang memberikan kajian tentang "Hakikat dan Kedudukan Harta" kepada jamaah majelis taklim di Tiban 1, Patam Lestari, Sekupang, Batam, Jumat (19/11/2021).

Dalam tausiyahnya, Ketua RKI Sekupang Russinta Yuliati menjelaskan bahwa harta hanyalah titipan Allah, harta tidak hanya berupa benda seperti halnya rumah, kendaraan, uang, dan lainnya, tetapi kesehatan dan keluarga juga merupakan harta.

"Ibu-ibu, harta yang sesungguhnya adalah kesehatan dan keluarga yang shalih/shalihah," kata Yuli.

Kedudukan harta yang dititipkan oleh Allah kepada kita merupakan amanah, perhiasan hidup, ujian keimanan, dan pilar kehidupan yang harus dijaga. Di sisi Allah harta itu tidak ada harganya kecuali yang diinfaqkan di jalan Allah.

Banyaknya harta tidak menjadikan kita mulia jika tidak digunakan dalam kebaikan. Harta tidak akan dibawa sampai mati jika tidak menjadi amal jariyah, sebagaimana yang tersebut dalam Hadits tentang amalan-amalan yang bisa dibawa dalam kubur yaitu amal jariyah, ilmu bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan orang tuanya.

Peserta kajian menyimak dengan khidmat apa yang disampaikan nara sumber. Materi yang disampaikan menambah, membuka, dan mengubah pola pikir mereka selama ini tentang harta.

"Alhamdulillah menambah ilmu tentang keluarga, ternyata suami dan anak-anak itu juga harta berharga," ujar Yossi salah satu peserta kajian.

Sore itu menjadi Jumat yang penuh berkah dengan kajian keilmuan yang disampaikan oleh Tim RKI, hingga kajian tausyiah taklim ditutup dengan sebuah harapan dari Ketua Majelis Taklim yang menginginkan Tim RKI dapat mengisi kajian secara rutin setiap bulan.

"Saya sangat senang dengan kajian ini, harapan saya Tim RKI bersedia mengisi kegiatan di majelis taklim kami rutin setiap bulan sekali," pinta Ketua Majelis Taklim.

Tim RKI Sekupang yang terus bergerak menebar manfaat untuk rakyat, membangun keluarga tangguh, dan membangun peradaban menyanggupi apa yang menjadi harapan Ketua Majelis Taklim.

Posting Komentar

 
Top