GuidePedia

0
PKS Kepri - Sebagai wilayah hinterland yang banyak dikelilingi pulau-pulau, fasilitas layanan dasar untuk masyarakat khususnya dalam hal kesehatan merupakan masalah terpenting yang harus segera dicari jalan keluarnya.

Melalui Whatsapp, Kamis (31/12), Anggota DPRD Karimun Syafri Sandi mengatakan ambulance terapung dinilai lebih efesien dan efektif serta mampu memenuhi kebutuhan berobat masyarakat, khususnya di Pulau Moro yang terdiri banyak pulau kecil.

Syafri menjelaskan seringkali masyarakat yang tinggal di pulau ketika sakit harus dirujuk ke RSUD Karimun. Untuk mancapainya masyarakat pun  harus menyewa speedboat ataupun kapal pompong, yang tentu memerlukan biaya yang cukup mahal.

"Untuk itu perlu disediakan ambulance laut sebagai kendaraan angkutan untuk melayani pasien menuju lokasi layanan kesehatan," ulas Syafri.

Syafri berharap agar Pemerintah Daerah Karimun segera menyiapkan kapal ambulance, karena meskipun di sana terdapat Puskesmas, namun ada beberapa kasus diharuskan rujuk ke rumah sakit yang memiliki fasilitas untuk penangan yang lebih baik.

Ia menambahkan saat ini masyarakat diberi kemudahan untuk biaya pengobatan dengan Jamkesmas ataupun BPJS. Tapi permasalahan masyarakat di pulau ini membutuhkan ambulance laut untuk membawa pasien.

"Masyarakat yang sakit berat sering dirujuk ke RSUD Karimun,” tutup politisi PKS tersebut. (zur)

Posting Komentar

 
Top