GuidePedia

0
PKS KepriBerkembangnya paham radikalisme di sebagian kalangan umat beragama di Indonesia mesti disikapi dengan bijak. Fraksi PKS DPR RI menggelar lomba penulisan bertema kebangsaan untuk mencegah paham radikalisme.

Dengan mengambil tajuk 'Nasionalisme Indonesia Menjawab Tantangan Global', Fraksi PKS meyakini bahwa lebih banyak orang Indonesia yang mencintai negerinya daripada 'menjual' negara hanya demi pemahaman sempit baik kedaerahan atau keyakinan agama. 

Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini mengatakan, latar belakang lomba karya tulis kebangsaan ini diantaranya adalah globalisasi yang menjadi salah satu tantangan terbesar nasionalisme setiap bangsa. Selain itu, lomba ini juga diadakan untuk memperingati ulang tahun PKS ke-17.

"Oleh karena itu, tujuan dari diselenggarakannya lomba penulisan kebangsaan ini diantaranya adalah membangkitkan semangat jiwa nasionalisme Indonesia di tengah arus globalisasi. Selain itu, Fraksi PKS ingin ikut serta mengokohkan nilai-nilai agama sebagai perekat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," sebut Jazuli dalam keterangannya, Kamis (2/4). 

Ada beberapa tema dalam lomba karya tulis kebangsaan ini. Diantaranya 'Karakteristik Demokrasi Pancasila', 'Peran Generasi Muda dalam Menjaga Keutuhan NKRI', dan beberapa tema lainnya.

Peserta lomba karya tulis kebangsaan ini terbagi ke dalam tiga kategori. Pertama, kategori pelajar dan mahasiswa. Kedua, kategori wartawan. Ketiga, kategori ibu rumah tangga. Ketika ditanya mengenai mengapa ibu rumah tangga masuk dalam kategori peserta lomba karya tulis kebangsaan ini, Jazuli dengan tegas tidak ingin menafikan peran mereka sebagai faktor ketahanan keluarga Indonesia.

"Jangan salah, ibu rumah tangga memiliki peran yang sangat vital dalam ketahanan republik ini. Jangan nafikan peran mereka," kata Jazuli.

Dewan juri untuk lomba karya tulis kebangsaan ini terdiri dari unsur ahli (LIPI, Lemhanas, TNI, POLRI, dan Budayawan) dan unsur Anggota Fraksi PKS (Hidayat Nur Wahid, Soenmandjaya Rukmandis, dan Adang Daradjatun). Waktu pengiriman tulisan dibuka tanggal 1 April dan ditutup tanggal 21 april 2015.

Seluruh warga negara Indonesia, lanjut Jazuli, dapat mengikuti kegiatan ini dan mengakses syarat serta ketentuannya di website Fraksi PKS, yaitu fraksidpr.pks.id. "Kami undang pelajar, mahasiswa, profesional, petani, pekerja, ibu rumah tangga dan lainnya untuk mengirimkan karyanya ke panitia lomba," tukasnya. [rmol]

Posting Komentar

 
Top