GuidePedia

0
Amirotun Nafisah, M.Ag Ketua Departemen Ketahana Keluarga BPKK DPP PKS  (foto : Amir)
PKS Kepri - Sebanyak 440 orang ibu muda berbondong-bondong menghadiri  seminar parenting pada Ahad (15/10/2017). Ya, pagi itu Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Kepri menyelenggarakan seminar yang mengangkat tema "Meningkatkan Ketahanan Keluarga dan Pemenuhan Hak Anak di Era Digital". Amirotun Nafisah, M.Ag, Ketua Departemen Ketahanan Keluarga BPKK DPP PKS menjadi narasumber pada acara di Batam Centre.

Ustadzah Amiroh, narasumber akrab dipanggil demikian, memaparkan tentang betapa dahsyatnya pengaruh negatif dari gawai (gadget) terhadap anak jika tanpa kontrol orang tua, paling tidak ada 5 hal. Buku sekolah menjadi tidak menarik lagi, anak gagal mengontrol emosinya karena tidak terbiasa bersosialisasi dan belajar mengenal karakter. Anak menjadi dewasa sebelum masanya, kurangnya rasa hormat terhadap orang tua, serta anak terbiasa berpikiran instan dan tidak gigih dalam usaha mengejar keinginan.

Lantas apa yang bisa dilakukan oleh orang tua dalam mengantisipasinya? Orang tua memerlukan 2 modal utama, yaitu ruhiyah spiritual orang tua yang kokoh dan perhatian ikhlas penuh cinta terhadap anak.

Memilih lingkungan rumah yang ideal, mengarahkan anak untuk bermain di lingkungan dan bersosialisasi dengan teman seumuran, adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua. Tidak lupa juga untuk Mendoakan kebaikan bagi anak di pagi hari dan memastikan segala aktifitas orang tua tidak terlepas dari bingkai ibadah. (jnr-rf)

Post a Comment

 
Top