GuidePedia

0
Ketua DPW PKS Kepri, Raden Hari Tjahyono (paling kanan) saat berfoto bersama Almarhum Letkol (Purn.) H.M. Sadar (kemeja putih, ketiga dari kanan).
PKS Kepri - Keluarga Besar DPW PKS Kepulauan Riau (Kepri) kehilangan H.M. Sadar. Kader terbaik Kepri tersebut wafat pada Selasa di RSUP Tanjungpinang, pukul 01.30. Ketua DPW PKS Kepri, Raden Hati Tjahyono menilai sosok yang sering dipanggil “Ayahanda Sadar” ini begitu luar biasa. Menurutnya H.M Sadar memiliki sumbangsih yang luar biasa kepada dakwah Islam, masyarakat dan tentu juga kepada PKS sebagai wadah organisasi selepas ia menjadi purnawirawan TNI.

“H.M Sadar itu sosok yang luar biasa. Waktunya ia habiskan untuk kebaikan. Saya menjadi saksi bahwa beliah adalah ahli kebaikan,” ungkap Raden, Selasa, 21 Februari 2017 melalui Whatsapp sebelum menuju Pelabuhan Punggur untuk bertakziyah di kediaman H.M Sadar di Tanjungpinang.

Acara pemakaman Jenazah Almarhum
Letkol (Purn) H.M. Sadar.
Menurut Raden, H.M Sadar adalah sosok yang konsisten (istiqomah) dalam kebaikan. Hal ini terlihat dari kebiasaan beliau yang kuat sekali menjaga ibadah, seperti puasa sunnah, shalat tahajud dan lainnya. Menurut Raden yang mendapat cerita dari para anggota dewan Kepri, saat menjadi wakil rakyat selama sepuluh tahun ketika di luar kota sekalipun H.M Sadar tetap bangun jam 03.00 atau 04.00 pagi untuk menunaikan shalat tahajud. Dari kebiasaan tersebut sehingga ia dikenal sebagai orang yang berpegang teguh kepada prinsip hidup yang lurus sesuai ajaran Islam.

Contoh lain yang patut diambil pelajaran dari H.M Sadar adalah terkait dengan menjaga akhlak. H.M. Sadar adalah tokoh senior di PKS Kepri, namun demikian ia dikenal sebagai sosok kader yang sangat hormat kepada yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.

Di PKS sebagai sosok yang paling senior tidak membuatnya arogan, namun terus membagi kasih sayangnya dengan nasehat dan masukan yang luar biasa. Sosoknya juga rendah hati (tawadhu). Tidak ingin merepotkan dan tidak haus pujian meski memiliki kebaikan yang patut diapresiasi.
Selain itu gemar berolah raga adalah satu hal yang harus diikuti oleh siapa saja. Meski di usia senjanya, H.M Sadar tetap melakukan aktivitas olah raga. Mungkin ini bawaan saat ia aktif sebagai prajurit TNI. Sehingga meski usianya sudah sepuh kekuatannya sanghat prima untuk ukuran orang yang seumuran dengan almarhum.

H.M Sadar bagi kader PKS Kepri adalah guru strategi. Tidak sedikit ia memberikan strategi politik yang jitu untuk menghadapi hajatan politik. Sebagai purnawirawan TNI berpangkat terakhir Letkol, gagasan streteginya cukup diandalkan dan menginspirasi. (alf)

Post a Comment

 
Top