GuidePedia

0
KH. Efendi Asmasi, MA / Ketua MUI Kota Batam

PKS Kepri - “PKS Mendengar” adalah puncak acara Milad PKS ke 18, DPD PKS Kota Batam. Di Hotel Pusat Informasi Haji (PIH), Batam Centre, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Batam, KH. Efendi Asmawi, MA menyatakan dirinya tidak meragukan PKS sebagai partai dakwah. Effendi Asmawi yang berbicara dengan tema “Peran PKS dalam Dakwah” ini memberikan tiga pesan agar PKS menjadi partai yang lebih besar.

“Dengan kaca mata saya, saya tidak meragukan PKS. Namun dengan kaca mata pembesar sepertinya PKS perlu melakukan ini agar PKS tumbuh menjadi partai yang lebih besar,” ungkap Efendi Asmawi di Batam, Ahad malam, (24/4/2016).

Menurutnya PKS harus meningkatkan kerjasama dengan seluruh elemen. “Pak Kyai” menyarankan agar PKS mau merangkul semua pihak, tidak saja yang sejalan namun juga yang belum sepaham baik dari sisi perbedaan pandangan politik maupun madzhab. Ia mengingatkan, siapapun yang membatasi diri akan susah menjadi lebih besar.

Pesan kedua yang disampaikannya adalah meningkatkan toleransi. Ia menyatakan sukses dakwah harus menggunakan contoh Nabi Muhammad. Ia mengingatkan dakwah Nabi adalah merangkul. Untuk itu ia berpsan agar kader-kader PKS untuk meningkatkan rasa saling menghargai dan tetap bertindak dalam koridor jika menemukan adanya perbedaan.

Poin ketiga adalah agar PKS terus meningkatkan empati publik. Empati public akan muncul selain dari program khidmat PKS, juga dari sifat sopan santun para kadernya. Jika kader-kader PKS dinilai masyarakat memiliki sopan santun, maka peluang untuk banyak bergabung lebih besar dan sebaliknya.

Selain dari MUI, pembedah PKS kedua adalah dari Sisten I Pemko Batam. Menurut Firmansyah PKS adalah partai yang kadernya memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Ia berpesan agar PKS tidak tergoda untuk bertindak mengatasnamakan rakyat yang semu.

“Saya harap PKS tidak mengikuti jejak partai sebelah yang banyak kadernya seolah pro rakyat ternyata ada kepentingan pribadi,” tutupnya.

Syaifudin Fauzi, Ketua DPD PKS Kota Batam menyatakan penilaian terbaik tentang diri kita adalah dari orang lain. Selama ini kita merasa baik-baik saja, belum tentu pandangan orang lain tentang PKS itu sama, karena mendengar pendapat orang tentang diri kita adalah pelajaran yang berharga. (BN)

Post a Comment

 
Top