GuidePedia

0
Pak Wid dan istrinya setelah ikut Senam Nusantara. Foto: Ilham

PKS Kepri - Di tengah kerumunan pejalan kaki terlihat mencolok dari kejauhan sesosok pria paruh baya bertopi putih yang sedang berlari-lari kecil menuju lokasi Senam Nusantara PKS. Meski usianya tidak lagi muda, namun masih terlihat segar dengan gerakannya yang dinamis. Gerakan kaki dan tangannya yang gesit menandakan ia rajin berolahraga.

Pak Widodo (71), atau biasa disapa Pak Wid oleh teman dan kerabatnya ini, sengaja hadir di acara Senam Nusantara PKS yang digelar di kawasan SP Plaza Ahad (21/2). Mendapatkan informasi dari tetangga yang anaknya adalah kader PKS, ditemani sang istri, Bu Wid (60), demikian sapaan akrabnya menuju ke lokasi di kawasan yang ramai dikunjungi muda-mudi dan keluarga di akhir pekan itu dengan berlari kecil, dengan jarak kurang lebih 1 Kilometer dari lokasi rumahnya.

Ini adalah kali ketiga Pak Wid mengikuti Senam Nusantara kreasi dari PKS ini, kesan beliau positif dan memberikan pujian terhadap kreasi senam tersebut, variasi gerakannya banyak. "Yang paling saya suka itu yang pakai pijat-pijatan itu loh mas, seger jadinya, tadi istri saya pas tidak ada kelompok jadi dia ikut saya, mijatin saya", ujar pak wid sembari menggelar senyumnya. Lagu dari berbagai daerah yang dikemas dalam Senam Nusantara PKS pun beliau sukai. "Musik dan Lagu daerahnya saya juga suka", ungkap pak wid. Pak wid yang berprofesi sebagai kontraktor ini juga pernah menetap di beberapa daerah di Indonesia. "Jadi ingat daerah-daerah, ada Minang, Sulawesi, Jawa dan lainnya" kenang Pak Wid.

Pak Wid (Bertopi) gesit dan ceria bersama Ketua DPD PKS Batam
saat mengikuti senam PKS di Engku Putri. Foto: Amir
Pertama kali Pak Wid terlibat dalam acara senam PKS pada tahun 2014 lalu, ketika kegiatan LT3B PKS yang kebetulan diadakan di depan ruko komplek perumahannya. Kala itu PKS menggelar Senam Nusantara, Cek kesehatan gratis dan pembagian hadiah dan doorprize, "Saya dapat hadiah sembako waktu itu mas, minyak goreng kalau tidak salah, lumayan," kenangnya.

Kali kedua waktu acara peringatan hari ibu. Dengan topi putihnya Pak Wid menghadiri senam Nusantara PKS di Pelataran Engku Putri, Batam Centre. Meski sebenarnya jarak Batam Centre dengan rumah yang berlokasi di kecamatan Sagulung lumayan jauh. Namun tak menghalangi niat pria yang rajin sholat di Musholla ini untuk hadir. "Saya berangkat jam 05.30 pagi dari rumah mas, waktu itu ada senam untuk peringatan hari Ibu, ada bazarnya juga, ramai sekali", ungkap Pak Wid.

Pasangan kakek-nenek yang baru memiliki 1 cucu dari anak tunggalnya ini memang gemar berolahraga, khususnya senam, tak pelak beliau mengalokasikan waktu empat kali dalam sepekan untuk senam bersama komunitas senamnya. "Setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu saya bersama komunitas Tai-Chi di Sukajadi, untuk Minggu saya dan istri biasanya senam ke Engku Putri atau ke Ocarina", Pak Wid menjelaskan.

Pak Wid pun menawarkan agar PKS bekerjasama dengan komunitasnya, mungkin setelah Senam PKS agar dapat dilanjutkan dengan Tai-Chi, "Setelah Senam Nusantara dilanjutkan Tai-chi aja mas, insyaAllah komunitas kami rame yang ikut", ujarnya bersemangat. Tai-chi merupakan sebuah bentuk seni beladiri dan senam kesehatan asal china, di Batam banyak diikuti oleh kaum usia lanjut, untuk melancarkan peredaran darah. "Setiap senam, saya dan istri selalu bersama, supaya sama-sama sehat", terang pak wid. Sembari memberi masukan beliau berharap acara senam PKS ini dirutinkan, agar banyak yang masyarakat yang ikut, dan sadar akan kesehatannya. "Nanti kalau ada senam lagi tolong kabari ya mas, kalau bisa ada hadiah-hadiahnya biar menarik", pesan Pak Wid.

Ketika ditanya tentang PKS, Pak Wid sedikit menerawang, dengan sedikit jeda beliau menjawab bahwa tidak begitu banyak tahu tentang PKS, tapi punya kesan yang baik dari kader-kader PKS yang ia temui saat Senam Nusantara. "Kalo saya lihat orangnya baik-baik, ya intinya orang-orangnya baguslah", ujarnya singkat. Beliau melanjutkan bahwa ia memiliki tetangga yang juga seorang kader PKS, yang juga pengurus musholla di perumahannya. "Kalau kampanye saya sering dikasih brosur PKS", terangnya.

Acara Senam Nusantara PKS ini adalah acara perdana pengurus baru DPC, dengan sesi acara Senam Nusantara, Sarapan pagi bersama PKS dan Sosialisasi pengurus baru DPC PKS Sagulung periode 2015-2020. Ketua DPC PKS Sagulung Anas Fauzi berujar, akan melaksanakan kegiatan semacam ini secara rutin, sebagai bagian kerja khidmat untuk Sagulung. Dan ke depan akan dikombinasikan dengan cek kesehatan gratis, baksos dan door prize, tutup Anas. (mij)

Post a Comment

 
Top