GuidePedia

2
PKS Kepri -Angka perceraian di Batam sangat tinggi. Menurut data Pengadilan Agama Batam sejak Januari – Juni sudah ada angka 856 kasus perceraian. Untuk itu Ketua DPW PKS Kepulauan Riau (Kepri), Raden Hari Tjahyono  mengajak keluarga kader dan simpatisan PKS serta keluarga masyarakat Kepri secara umum untuk menguatkan pondasi keluarganya masing-masing.

“Ketahanan keluarga adalah pondasi masyarakat yang sehat,” jelas Raden Hari di Lapangan Engku Putri, Batam (20/12) saat puncak acara Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Kepri.

Menurut Raden Hari, untuk menciptakan ketahanan keluarga masyarakat harus memiliki tiga aspek yang saling berkaitan. Pertama adalah komitmen terhadap ajaran Islam. Raden Hari menyatakan orang yang bertakwa insya Allah keluarganya akan lebih langgeng daripada yang keluarganya tidak menghidupkan dengan suasana keagamaan di rumah tangganya.

Orang yang bertakwa memahami hidup itu penuh ujian, dan akan menghadapinya sesuai dengan porsinya. Jika diberi nikmat akan bersyukur dan apabila diberi cobaan akan bersabar. Dan keduanya adalah bernilai kebaikan, terangnya.

Faktor kedua adalah kemandirian ekonomi. Ia menerangkan memang diakui faktor ekonomi menjadi bagian penting dalam retaknya sebuah rumah tangga, selain juga akibat perselingkuhan.

Untuk itu agar setiap keluarga terus untuk berjuang untuk meningkatkan taraf ekonominya. Di sini dibutuhkan banyak peran dari beberapa pihak, salah satunya peran pemerintah dalam menciptakan iklim yang kondusif, lapangan pekerjaan dan infrasturktur yang memadai.

Ketiga yaitu faktor keramahan sosial. Setiap individu di masyarakat seharusnya jangan hanya shaleh atau shalehah secara pribadi, namun diharuskan untuk menularkan kebaikannya kepada orang lain. Raden Hari meyakini bila setiap individu mampu saling mengajak kepada kebaikan di segala bidang, maka persoalan-persoalan akan lebih mudah diatasi.

Jika ketiga bagian di atas diaplikasikan oleh keluarga di Indonesia, secara khusus di Kepri, Raden Hari meyakini insya Allah tingkat perceraian akan berkurang secara signifikan. (isy)
foto by amir_seibeduk

Post a Comment

 
Top