GuidePedia

0
Oleh: Ummu Aisyah - BPKK PKS Kepri

Ibu yang menjadi panutan, tuntunan dan kiblat bagi anak-anaknya. Menjadi pendidik generasi berikutnya, karena sosok ibu yang menjadi manusia terdekat dengan seorang anak. Geraknya, tingkah lakunya dan bahkan tutur katanya adalah mediabelajar anaknya untuk mengenal dunia.

Generasi yang akan datang bisa baik, dengan baiknya seorang ibu. Ibu yang mengajarkan arti santun, sopan, sabar dan tunduk kepada Tuhan-nya. Ibu yang takut kepada Allah, mematuhi segala perintah-Nya dan menjauhi segala yang dilarang.

Belajar dari ketangguhan ibunda hajar yang ditinggal suaminya untuk menunaikan amanah Allah, hingga harus meninggalkan anak dan istrinya dilembah tandus. Semua atas ketaatan kepada Allah. Hingga Allah berikan mereka 'hadiah' dari ketabahan dan kesabarannya dengan keluarnya zamzam dari muka bumi hingga kehidupan pun bisa berlangsung indah di tanah yang sebelumnya tandus itu.

Seorang lelaki yang kokoh imannya, sabar dan kuat. Ismail putera yang dididik dari perempuan yang luar biasa. Hingga saat tertentu Allah memintanya untuk menjadi 'kurban' /persembahan kepada Allah dari kedua orang tuanya. Beliau tidak ragu dan yakini akan kebenaran Allah.

Ibu yang menguatkan, mendidik dan menentramkan. Akan mampu menghasilkan peradaban yang luar biasa dimasa yang akan datang. Untuk para calon ibu, persiapkan diri. Perbanyak bekal ilmu dan amalan-amalan yang akan memudahkan mendidik anak dan menjadi arsitek peradaban berikutnya.

Kita bisa membaca cerita kisah pengorbanan seorang ibu dari Nabi Musa a.s. yang luar biasa perjuangannya untuk menyelamatkan anaknya. Hingga Allah yang menjagakan dalam istana megah milik Raja Firaun yang dholim dengan posisi aman dan nyaman. Allah mengabadikan dalam Al Quran surat Al Qoshash.

Banyak sejarah para anbiya, shabat, shahabiyah dan imam-imam besar. Lahir dari seorang ibu yang luar biasa. Yang menorehkan sejarah luar biasa tanpa dikenal namanya. Tapi sungguh jasanya luar biasa, dikenal oleh seluruh penduduk bumi dan langit. Wanita-wanita langit yang dicemburui oleh bidadari-bidadari syurgawi.

Post a Comment

 
Top