GuidePedia

0
PKS KepriCalon presiden Prabowo Subianto dianggap lebih mampu menampilkan sikap humanis dan natual. Anggapan ini didasarkan pada sikap Prabowo dalam berbagai debat calon presiden (capres) yang tidak sungkan mengakui keunggulan Jokowi. 

"Sikap Prabowo natural humanis dan suportif," kata pengamat komunikasi politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio dihubungi wartawan, Sabtu (28/6).

Hendri mengatakan sikap rendah hati Prabowo mau mengakui kelebihan Jokowi justru menambah empati masyarakat. Ini karena sikap Prabowo muncul secara spontan dan tidak dibuat-buat. "Terlihat dari caranya mengajak salaman, mengakui keunggulan lawan, dan bangga terhadap anaknya," ujar Hendri.

Sebaliknya, Hendri menilai masyarakat sudah jenuh dengan gaya pencitraan Jokowi. Menurutnya publik sudah semakin tahu kesederhanaan yang ditonjolkan Jokowi hanya kepura-puraan seiring beredarnya foto Jokowi kampanye memakai jet pribadi dan atau sang istri, Iriana memakai tas Channel seharga puluhan juta rupiah. 

"Seharusnya timses Jokowi bisa menanggapi karena hal seperti itu akan menurunkan elektabilitas Jokowi," katanya.

Sebelumnya Institut Survei Indonesia (ISI)   mengatakan sikap Prabowo mengakui kelebihan Jokowi membuat elektabilitasnya meningkat. Elektabilitas Prabowo mencapai 51,18% sementara Jokowi 48,82%. Survei dilakukan terhadap 999 responden di 33 provinsi, 15-21 Juni lalu. [rol]

Post a Comment

 
Top