GuidePedia

0
PKS KepriWakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera Fahri Hamzah mengaku kecewa dengan sistem koalisi pemerintahan saat ini. Ia mengusulkan agar PKS menjadi partai oposisi pada masa pemerintahan yang akan datang.

"Memang kapok. Saya sebagai seorang praktisi yang masuk ke dalam politik dan tahu hak-hak saya dirampas oleh koalisi-koalisi enggak jelas itu. Lebih baik kita oposisi kalau begini," kata Fahri saat dijumpai seusai mengikuti diskusi di Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Fahri mengatakan bahwa usulan untuk menjadi partai oposisi ditanggapi positif oleh sebagian kader dan pengurus partai. Namun, ia tak ingin jika PKS hanya menjadi partai oposisi yang setengah-setengah. Menurutnya, PKS harus mampu menjadi partai pemimpin oposisi yang mengawal setiap kebijakan pemerintah yang dianggap tidak dapat memberikan azas manfaat bagi masyarakat.

"Sebagian pimpinan dan teman-teman di partai berpikir begitu (oposisi), daripada enggak jelas di dalam. Kita tunggu saja lima tahun. Kita menjadi oposisi loyal terhadap pemerintahan yang kita puji secara sah, tapi kita akan keras mengkritik dia," ujarnya.

Saat disinggung jika nantinya "kawan lama" kembali mengajak berkoalisi, Fahri mengatakan tidak ingin buru-buru mengambil keputusan. Belajar dari pengalaman sebelumnya, ia meminta agar partai yang ingin berkoalisi dengan PKS harus memiliki visi dan misi yang jelas untuk membangun pemerintahan.

"Pokoknya konteksnya dulu yang kita tanya maunya bagaimana. Dan kita ingin tantang dia ngomong ke publik, jangan diam-diam ke publik. Jangan nanti tiba-tiba ngambek, kucing-kucingan dan sebagainya kan rugi rakyat," ujarnya. [kompas]

Post a Comment

 
Top