GuidePedia

0
PKS KepriPartai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, menyerukan pemilih pemula agar menggunakan hak pilih pada Pemilu 2013. 

"Jumlah pemilih pemula di Tanjungpinang sekitar 20 persen karena itu partisipasi pemilih pemula sangat memengaruhi hasil pemilu," kata Ketua Partai Keadilan Sejahtera Tanjungpinang Alfin, Selasa (11/2). 

Menurut dia, pemilih pemula membutuhkan bimbingan terkait dengan teknis menggunakan hak suara pada saat berada di tempat pemungutan suara. Selain itu mereka juga membutuhkan dorongan dari berbagai pihak untuk menggunakan hak suara. 

"Sebagai salah satu peserta pemilu, kami memiliki kewajiban untuk memberi pendidikan politik kepada mereka," katanya. Sedangkan, lanjutnya, penyelenggara pemilu memiliki keterbatasan dalam melaksanakan tugasnya untuk mendorong pemilih pemula menggunakan hak suaranya. Karena itu, dibutuhkan peran serta dari berbagai elemen masyarakat, termasuk partai politik. 

Alfin mengemukakan, PKS memiliki komitmen untuk mendorong pemilih pemula menggunakan hak pilih, meskipun hal itu dilakukan secara sederhana. Terlepas siapa figur caleg yang menjadi pilihannya, kata dia, PKS tetap akan memberi pendidikan politik kepada mereka. "Kami tidak akan melakukan intervensi. Pelajar sekarang sudah cerdas, sudah dapat menilai caleg yang berkualitas dengan tidak," ungkapnya. [Antara]

Post a Comment

 
Top