GuidePedia

0

pksnongsa.org dan beberapa subdomainnya
PKS Kepri - Hari ini, Senin (17/2/2014) pksnongsa.org genap berusia 5 tahun. Menanggapi momen bersejarah ini, Ketua DPD PKS Kota Batam, Taufik Hermawan menyampaikan apresiasinya untuk pksnongsa.org yang telah bekerja maksimal dalam berkontribusi melalui media untuk kepentingan dakwah.

"Mabruk, pksnongsa.org bukan hanya milik Nongsa bukan pula Batam, bahkan sudah dimiliki oleh kader-kader se-nusantara. Semoga menjadi lebih baik kedepannya," ungkap Taufik melalui pesan Blackberry Messenger, Senin (17/2).

Hal ini dirasakan sendiri oleh Taufik ketika menghadiri sebuah pertemuan DPD PKS se-Indonesia beberapa waktu yang lalu. Saat itu, ada seorang ikhwah dari Gorontallo yang tiba-tiba membicarakan tentang pksnongsa.org, itulah yang melatarbelakangi komentarnya diatas bahwasanya pksnongsa.org sudah mulai dikenal luas oleh para kader di seluruh Indonesia.

Lain pengalaman Taufik, tentu lain pula dengan pengalaman yang dirasakan oleh Ketua DPW PKS Kepulauan Riau, Abdul Rahman, Lc mengenai pksnongsa.org. Beliau pernah menyampaikan kepada kami bahwa, saat menghadiri acara election update di DPP PKS, tiba-tiba Fahri Hamzah yang akrab disapa "Bang Fahri" juga menyinggung tentang pksnongsa.org.

"PKS Nongsa sedang dibicarakan Bang Fahri di election update," ungkap Abdul Rahman melalui grup diskusi Blackberry Messenger kala itu.

Bahkan, Abdul Rahman pernah menyampaikan langsung kepada Presiden PKS Anis Matta saat berkunjung ke Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka konsolidasi kader PKS tahun 2013 yang lalu. Beliau menyampaikan hal itu saat dalam perjalanan laut dengan menggunakan ferry dari Kota Batam menuju Pulau Penyengat, di Tanjungpinang. Kebetulan PKS Nongsa juga ikut serta dalam perjalanan itu.

"Selain PKS Piyungan, kita juga punya PKS Nongsa. Sama-sama blog yang dimiliki oleh DPC PKS. PKS Nongsa nomor dua setelah PKS Piyungan," begitu kira-kira kata Abdul Rahman kepada Presiden PKS Anis Matta dan juga rombongan dari DPP PKS dan Wilda Sumatera serta para awak media saat itu.

Berkaitan dengan Milad PKS Nongsa yang ke-5 ini, Abdul Rahman juga berpesan kepada PKS Nongsa agar selalu meluruskan niat dan pancangkan terus semangat perjuangan melalui sosial media, karena menurutnya media yang memiliki penetrasi yang kuat setelah TV adalah internet.

"Maka ini harus dimaksimalkan. Dari segi contain, PKS Nongsa sudah cukup bagus. Tinggal bagaimana seluruh kegiatan ikhwah bisa dipublikasikan dengan maksimal," ujarnya.

Sementara itu, Humas DPW PKS Kepulauan Riau Prijanto Rabbani juga pernah menceritakan pengalamannya tentang pksnongsa.org yang dibicarakan dalam sebuah rapat koordinasi Humas PKS se-Indonesia yang diadakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat beberapa waktu yang lalu.

"Saat Rakor Humas di Lombok, ada yang bertanya tentang PKS Nongsa. Saya jelaskan, PKS Nongsa itu adanya di Batam, Kepulauan Riau. PKS Nongsa sudah dikenal dimana-mana," ujar Prijanto kala itu.

Anggota Komisi X DPR RI, Herlini Amran juga tidak ketinggalan. Beliau memberikan saran dan masukan yang sangat bagus bagi PKS Nongsa.

"Mabruk ya," ujar Herlini saat memberikan ucapan selamat ulang tahun yang ke-5 kepada PKS Nongsa beberapa hari yang lalu.

Beliau menyarankan agar PKS Nongsa memuat data tentang jumlah prosentase pengunjung ke blog pksnongsa.org sejak lima tahun hadir mewarnai jagat maya.

"Kalau ada data pengunjung per tahun cakep tuh. Di tahun ke-5 lompatannya berapa kali lipat, terus testimoni para pengunjung aktif boleh juga dimuat. Atau boleh juga minta komen terbuka pengunjungnya," katanya.

Bahkan, beliau menyarankan agar PKS Nongsa menanyakan ke Presiden PKS Anis Matta tentang pernah tidak beliau  'menengok' pksnongsa.org.

"Kalau punya link, bisa tanya presiden partai, apa pernah 'nengok' pksnongsa," katanya.

Itulah beberapa komentar, saran dan masukan dari beberapa orang qiyadah mengenai blog pksnongsa.org. Dan, dari beragam komentar dan pengalaman beberapa orang tersebut diatas, kiranya tidak berlebihan dengan judul tulisan ini yang menyebutkan bahwa blog pksnongsa.org sudah menjadi milik kader PKS se-nusantara. Hal ini masih ditambah lagi dengan semakin banyaknya kiriman berita atau artikel seputar PKS dari berbagai daerah baik dalam maupun luar negeri. Bahkan PKS Nongsa juga sering mendapat kiriman berita yang jika dilihat tidak ada hubungan langsung dengan PKS. Akan tetapi, kami tetap memberikan apresiasi usaha Sahabat PKS Nongsa tersebut dengan cara membantu mempublikasikan berita yang telah dikirim kepada kami.

Sedikit Data mengenai pksnongsa.org

Blog pksnongsa.org memiliki empat subdomain yakni foto.pksnongsa.org, video.pksnongsa.org, batubesar.pksnongsa.org dan kabil.pksnongsa.org. Karena keterbatasan waktu dan SDM, dari kelima blog tersebut sampai saat ini masih pksnongsa.org saja yang paling aktif dengan total jumlah kunjungan hingga saat ini telah mencapai 2.690.000-an.

Sementara itu untuk jumlah follower (pengikut) pada akun Twitter @pksnongsa pada tahun kelima ini baru mencapai 9.210 orang, Fans page Facebook DPC PKS Nongsa berjumlah 772 orang dan 339 Friends di lingkaran Google Plus PKS Nongsa. Jumlah tersebut masih akan terus bertambah, Insya Allah.

Melalui tulisan ini, kami juga menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada para pengunjung setia pksnongsa.org. Kami mohon kritik dan sarannya untuk kemajuan pksnongsa.org kedepannya. Untuk kritik dan sarannya mohon dimasukan di kolom komentar (Disqus) yang ada dibawah tulisan ini dan anda dapat login pada halaman komentar tersebut dengan menggunakan akun Twitter, Facebook dan Google (gmail). Sekali lagi terima kasih.

Oleh: Bang DM

Post a Comment

 
Top