GuidePedia

0

PKS Kepri - Pulau Senoa yang berada di Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, akan dijadikan tempat konservasi penyu serta tempat destinasi bagi penyu-penyu di Indonesia, kata Kepala Dinas Periwisata Kabupaten Natuna, Syamsul Hilal di Ranai, Kamis.

Ia menjelaskan, dijadikannya Pulau Senoa sebagai kawasan konservasi penyu  untuk menarik minat para wisatawan luar daerah untuk datang ke Natuna dan juga sebagai upaya untuk menyelamatkan penyu dari kepunahan.

Syamsul mengatakan, pihaknya bersama Kelompok Pesona Penyu Bahari (KPPB) Kabupaten Natuna, telah melakukan pelepas ratusan ekor bibit penyu di kawasan Alif Stone (Batu Alif)  pada Rabu (8/1) kemarin. Bahkan di pulau yang sama, pada tahun lalu, sejumlah turis dari manca negara juga ikut menyaksikan.

"Melalui Kelompok Pesona Penyu Bahari (KPPB) Natuna, diharapkan populasi penyu bisa tetap terjaga, serta terhindar dari kepunahan. Pelepasan yang pernah dilakukan pada tahun lalu di pulau yang sama (Senoa), juga di saksikan oleh sejumlah touris manca negara dalam Ocean Cruise," jelasnya.

Ia menambahkan, pelestarian penyu ini di maksudkan, selain untuk menunjang dan menumbuhkan kawasan wisata bahari di Kabupaten Natuna, juga untuk menjaga ekosistem laut. Disamping itu, sebagai salah satu cara untuk mengajarkan masyarakat dalam memelihara lingkungan laut.

"Sumber penghasilan rata-rata masyarakat Natuna berasal dari laut, maka sudah selayaknya ekosistim laut juga tetap dijaga, apalagi penyu salah satu hewan langka di dunia, yang perlu di jaga dari kepunahan," katanya. (Antara)

Post a Comment

 
Top