GuidePedia

0
PKS KepriPartai Keadilan Sejahtera dikenal sebagai partai berbasis kader dengan mengandalkan mesin partai. Tidak memiliki figur yang kuat di partai justru dinilai unik dibandingkan partai lain.
Jika Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan memiliki Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. Kemudian Partai Gerakan Indonesia Raya memiliki Prabowo Subianto, Partai Kebangkitan Bangsa identik dengan Gus Dur, Partai Demokrat dengan ikon Susilo Bambang Yudhoyono, namun tidak dengan PKS.
“PKS memang  partai yang unik, karena tidak memiliki figur yang sentral dan berbeda dengan partai lain. PKS menarik karena mengandalkan mesin partai daripada figur,” kata analis politik Charta Politika, Arya Fernandes, dalam perbincangan dengan Pro 3 RRI, Minggu (29/12/2013).
Charta Politika pernah membuat survei alasan masyarakat memilih PKS. Ternyata, salah satu alasan mengapa masyarakat memiliki PKS karena dianggap sebagai partai Islam. Oleh sebab itu, PKS harus tetap menawarkan isu-isu ke-Islaman.
“Riset yang kita lakukan, alasan publik memilih PKS karena identitas PKS sebagai partai Islam. Ke depan, isu yang ditawarkan ke publik adalah isu sebagai partai yang mengusung ide-ide ke-Islaman. Kita melihatrecovery yang dilakukan lebih internal ketimbang eksternal,” jelasnya.
Sementara itu, Juru Bicara PKS Mardani Ali Siera mengatakan, PKS tetap solid dan tidak terpengaruh dengan kasus yang membelit petinggi partai Lutfi Hasan Ishaaq. Kader PKS, kata Mardani, tetap bekerja melayani masyarakat, menggelar bakti sosial.
“Kader dan pengurus struktural turun ke lapangan dan caleg kita pun turun ke lapangan,” ujar Mardani. 

Post a Comment

 
Top