GuidePedia

0


Sukaryo merupakan seorang sosok yang memang aktif dalam organisasi semenjak masih duduk dibangku kuliah, hal ini terbukti dengan begitu banyak organisasi kepemudaan yang silih berganti ia pimpin.
Baginya kehidupan berorganisasi bukanlah hal yang baru lagi, bahkan sudah menjadi santapan hari-harinya selama beraktifitas.

Saat ini tak jarang banyak tokoh politik yang hanya mengutamakan kepentingan pribadinya saja, karena disaat sudah memiliki kedudukan yang mapan di kursi politiknya, malah cenderung lupa dengan tugasnya menyuarakan aspirasi masyarakat.

“ Sosok pemimpin yang sesungguhnya itu adalah mengutamakan kepentingan masyarakat, harapan masyarakat sangat besar kepada kita saat mereka menunjuk kita sebagai tokoh kepentingan pribadi sebaiknya tidak perlu ditonjolkan,” kata Sukaryo

Sukaryo terpanggil untuk aktif dalam partai politik sebenarnya berawal dari hasrat ingin memprioritaskan keinginan dan harapan masyarakat Batam yang banyak dititipkan di pundaknya. Serta Ia pun juga bercita-cita bagaimana agar apa yang dilakukannya bisa bermanfaat bagi orang lain, untuk itu Ia selalu menjadikan dirinya seorang yang berguna yang bisa membantu masyarakat.

“ Keinginan saya menjadi orang bermanfaat untuk masyarakat, dan karena desakan masyarakat Batamlah yang membuat saya tertantang untuk menjalankan amanah ini  saya hanya ingin menjadi yang terbaik bagi masyarakat,” jelasnya lagi.

Pria yang lahir 32 tahun silam ini menambahkan menjadi seorang pemimpin fraksi PKS merupakan suatu amanah dari masyarakat, Dan semua amanah itu adalah tanggung jawab yang harus dipikul hingga selesai, karena apapun kepentingan masyarakat menyangkut kepentingan bersama pada umumnya. Sehingga Sukaryo sudah terbiasa menuntaskan pekerjaan yang diamanahkan pada hari itu juga. Karena Ia merupakan orang yang tidak terbiasa mengulur-ngulur waktu menyelesaikan sesuatu.

"Saya selalu memegang prinsip dont wait till tomorrow what can you do today (Tidak perlu menunggu hari esok ketika bisa mengerjakannya pada hari ini) dalam bekerja," kata Sukaryo

Di usianya yang masih muda diantara pemimpin fraksi yang lainnya, ternyata Sukaryo memiliki banyak impian yang belum ia wujudkan yang bertujuan dalam kesejahteraan masyarakat, sehingga inilah yang membuat ia selalu bersemangat dalam menjalankan peran ke tokohannya.

“ Masih banyak yang ingin saya wujudkan, terutama keinginan – keinginan masyarakat yang banyak dibisikkan kepada saya, secara agama dan kepercayaan yang diberikan kepada saya, sebenarnya merupakan amanah yang harus saya jalankan dengan baik,” jelas ayah lima orang anak ini.

Cinta PKS, Masyarakat dan Keluarga

Sosok yang satu ini bisa dibilang cukup istimewa. Karena, Sukaryo,SE merupakan Anggota DPRD Kota Batam Komisi I termuda. Namun usia bukan penghalang baginya untuk bisa menjalankan amanah yang telah dibebankan masyarakat Batam. Untuk itu, suami dari Nikhla Wijayanti Spd tidak pernah berhenti belajar untuk melakukan yang terbaik bagi masyarakat.

Dalam setiap kesempatan dia selalu menimba ilmu. Baik berdiskusi dengan anggota fraksi yang dipimpinya serta termasuk saat bertemu dengan masyarakat atau menerima kunjungan masyarakat di kantornya. Selain itu, politisi Partai Keadilan Sejahtera ini juga dikenal dekat dengan masyarakat. Terkenal ramah dan mengaku merasa sepi jika tidak berjumpa dengan masyarakat atau berdiskusi tentang banyak hal yang ada dalam masyarakat.

"Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa saya ingin bermanfaat bagi orang lain, untuk itu saya selalu terbuka dalam segala hal yang menyangkut masyarakat banyak. Sikap yang saya ambil ini juga mengarah kepada Visi PKS yakni PKS sebagai partai dakwah penegak keadilan dan kesejahteraan dalam bingkai persatuan ummat dan bangsa." ungkap Sukaryo menjelaskan

Dijelaskan pria yang memiliki hobi olah raga ini, menimba ilmu dengan belajar banyak hal merupakan salah satu kunci untuk menambah wawasan. Dan cara yang paling mudah diantaranya dengan berinteraksi langsung ke masyarakat. Karena dengan berinteraksi langsung sudah pasti harus melakukan sesuai prakteknya bukan teori saja.

Sukaryo ternyata bukan saja menjadi idola dimata masyarakat Batam secara umum, dimata keluarga ternyata Sukaryo adalah seorang ayah  yang penuh kasih, ia mengerti apa yang diinginkan keluarganya.

“ Bagi saya keluarga adalah bagian terpenting, apapun yang saya lakukan tentunya takkan lepas dari peran serta keluarga, hal yang wajar jika seorang ayah ingin membahagiakan keluarganya,” jelas Sukaryo lagi

Pria yang juga  Ketua GEMA KEADILAN Provinsi Kepri ini selalu menanamkan kepada anak-anaknya untuk tampil apa adanya, dan yang paling penting adalah kejujuran.

Dengan kejujuran seseorang akan mendapatkan banyak keberuntungan. Kesuksesanpun akan mudah kita raih jika kita sudah memiliki kejujuran.

Lebih jauh dikatakannya, sebagai seorang suami dan ayah bagi kelima buah hatinya, dirinya selalu menyempatkan diri untuk berkumpul bersama istri dan anak tercinta untuk memantau perkembangan buah hatinya.

Sukaryo  mengakui apa yang diraihnya saat ini tidak terlepas dari dukungan dan dorongan orang-orang terdekatnya, seperti istri dan keluarga besarnya.

Dalam setiap aktifitasnya Sukaryo memang selalu melibatkan keluarganya, dan pria ini selalu menyiapkan waktu khusus agar bisa membangun kehangatan dengan keluarga, misalnya saja dengan berlibur bersama keluarga pada kesempatan khusus yang sudah direncanakannya yang sebelumnya mengadakan rapat-rapat kecil bersama keluarganya..

“ Bukan hanya di organisasi saja yang diadakan rapat, tetapi saya juga mengadakan rapat kecil dikeluarga saya. Hal ini bertujuan dan mengajarkan ke pada anak-anak saya untuk memberikan kritik maupun saran agar suasana dikeluarga itu tetap hangat,” jelasnya lagi.

Bahkan saat ini pun dalam aktifitas bisnis yang ia lakoni, Sukaryo juga melibatkan istrinya dalam manajeman bisnisnya. Menurutnya ini merupakan salah satu cara untuk membangun hubungan yang lebih harmonis.

“ Saya dan istri mempunyai sejumlah bisnis yang berbeda, tetapi management tetap sama. Dan usaha ini dibangun bersama memang untuk kita bersama, untuk anak-anak dan keluarga besar kami. Sehingga usaha lebih kokoh saat dibangun bersama, makanya saya melibatkan istri dalam menjalankan usaha yang saya bangun,” jelas Sukaryo yang sudah berkecimpung di bisnis sejak lama.

Kedepan Sukaryo berharap  anak-anaknya tumbuh dengan mencontoh apa yang telah ia tanamkan selama ini. Inilah yang membuat pria ini tak pernah berhenti untuk terus melakukan hal-hal positif dalam kesehariannya./..Reni Asmayeti

=======================================================
Biodata
Nama    : Sukaryo SE
TTL    : Pati, 22 Juli 1980
Istri    : Nikhla Wijayanti Spd

Anak    :
- Ahmad Harits Abdussalam
- Laila Nur Izzah
- Asma Nur Ramadhan
- Ahmad Hafiz Rahmatullah
- Ahmad Haidar Faid
Alamat    : Perum Pesona Asri Batam Center

Riwayat Karir:
1. Anggota Dewan DPRD Kota Batam Komisi I
2. Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Batam
3. Ketua GEMA KEADILAN Provinsi Kepri
4. Ketua Bidang Kebijakan Publik DPD PKS Kota Batam
5. Manager Kampanye PKS Kota Batam
6. Staff Ahli Fraksi PKS DPRD Kota Batam

Post a Comment

 
Top