GuidePedia

0
Dalam sebuah perbincangan mengenai Buku Lembar Kerja Siswa (LKS), salah seorang Anggota DPRD Kota Batam sempat berujar, "Persoalannya bukan hanya penambahan beban biaya dan ketidakmanfaatan buku itu, tapi juga murid bisa merasa tertekan di kelas jika tidak membeli buku itu karena disuruh gurunya dan merasa terbelakang dari teman-temannya yang lain.

Ya, begitulah gaya berpikir Riky Indrakari, Anggota DPRD Kota Batam asal Fraksi PKS yang saat ini sehari-hari beraktivitas di Komisi IV DPRD. Bukan masalah kritikannya yang tajam terhadap Buku LKS tersebut, namun pola analisa komprehensif yang selalu dilakukannya setiap berhadapan dengan masalah apapun.

Contohnya dalam mengkritisi Buku LKS itu, Riky melontarkan dasar pemikiran penolakannya dari berbagai aspek, dari beban biaya, pemanfaatan hingga dampak psikologisnya. Sejauh ini, bisa dihitung dengan jari tangan jumlah Anggota DPRD Batam saat ini yang memiliki kemampuan mengupas suatu masalah dengan bebagai pendekatan seperti yang biasa ditunjukkan ayah dari empat orang putra ini.

Dengan keampuannya itu, tidak jarang para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Batam, khususnya di dinas-dinas yang terkait dengan komisinya, kelabakan menjelaskan kepadanya berbagai hal yang menjadi persoalan krusial yang terjadi. Baik dalam implementasi kebijakan maupun pengelolaan anggaran.

Bagaimana tidak, setiap pertanyaan dan penjelasan yang dikemukakannya selalu disertai dengan aturan pendukung, data-data, ditambah lagi pendekatan-pendekatan ilmiah lainnya. Yang dewasa ini jarang sekali ditemukan dalam setiap pernyataan para pejabat dan tokoh-tokoh politik di Kota Batam.

"Itu karena saya lumayan banyak membaca literatur dan mencari tahu berbagai masalah sampai ke akarnya," ujar Suami dari Nina Fitriani ini dalam sebuah kesempatan menjelaskan rahasia kemampuannya itu.

Pertanyaan tersebut patut dilontarkan kepadanya mengingat secara akademis, sebenarnya Ketua DPD PKS Batam periode 2006-2011 ini bergelar Sarjana Elektro dari Institute Sains & Teknologi Nasional, Jakarta. Jadi kalau dipikir-pikir, tidaklah lazim seorang sarjana ilmu eksakta memiliki taklenta dan kemampuan sekomprehensif dia. Tapi itu lah Riky.

Malah kalau ditilik lebih dalam lagi, Riky juga sempat mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah yang berbasis agama yang berbeda dengan dirinya. Dia menghabiskan pendidikan dasarnya di SD Santa Maria dan pendidikan menengahnya juga di sekolah yang sama itu di Kota Pekanbaru.

"Makanya saya tidak pernah menyangka akhirnya menjadi politisi yang berjuang dari sebuah partai berbasis Islam," tukasnya suatu waktu, sambil tersenyum menanggapi alur menarik pengalaman pendidikannya itu.

Apa sudah habis daya tarik Riky? Ternyata ada satu lagi, sabar. Dalam kesehariannya menjadi anggota legislatif, politisi yang bertempat tinggal di Perumahan Tiban Indah Permai Blok N No. 60, Sekupang, Batam, ini juga dikenal sosok yang sangat sulit terpancing emosinya.

Bahkan, tidak pernah ada catatan pria ini bersuara tinggi saat berbicara dengan siapapun yang menandakan dia sedang emosi, dalam perdebatan sealot dan sekrusial apapun. Paling banter, dia hanya terdiam dan tersenyum bila habis kesabarannya.

"Maaf ya, saya khilaf, tidak ada maksud saya menyindir," ujarnya suatu ketika usai berdebat panjang dengan seorang wartawan sesaat dia menyadari ada kata-katanya yang dia rasa telah menyinggung si wartawan. Riky langsung minta maaf.

Berbagai kelebihannya itu kiranya yang membuat saat ini pria mantan karyawan PT Unisem itu belakangan tampil menjadi salah satu politisi yang paling populer di kota ini. Pernyataan-pernyataan kritisnya yang menggigit mengenai suatu masalah sering menghiasi halaman berbagai media massa di Batam. Meskipun posturnya tak lebih tinggi dari 165 cm, sosoknya terkesan melebihi dirinya sendiri.


Profil Riky Indrakari

* Istri : Nina Fitriani, SSi
* Anak 1: Muhammad Izzuddin
* Anak 2: Musyaffa Ahmad
* Anak 3: Sa’id Ramadhan
* Anak 4: Faishal Hilmi
* Alamat Rumah : Perumahan Tiban Indah Permai Blok N no. 60, Sekupang, BATAM

* Mobile : 0855-6500-911 | Fixed: 0778-324160 | Fax :0778-324160

* Email : rindrakari@gmail.com
* Blog  : hhtp://rindrakari.wordpress.com

PENDIDIKAN

* Juni 1980, SD Santa Maria, Pekanbaru
* Juni 1983, SMP Santa Maria, Pekanbaru
* Juni 1986, SMA Negeri 14, Medan
* Mei  1992, Institute Sains & Teknologi Nasional, S1 Teknik Elektro

RIWAYAT ORGANISASI

1. Pendiri LAZ Dana Amanah, 2000-2006
2. Ketua Yayasan Ar-Risalah, Kota Batam, 2000-(now)
3. Pembina Yayasan SDIT Ulil Albab, Kota Batam, 2007-(now)
4. Ketua Bidang Politik & Hukum, DPD PK Kota Batam, 1999-2002
5. Ketua Bidang Kebijakan Publik, DPW PKS Propinsi Kepulauan Riau, 2003-2006
6. Ketua Umum DPD PKS Kota Batam, 2006-2011

RIWAYAT PEKERJAAN

1. PT Astra Microtronics Technology, Batam, 1992-1997
2. PT Advance Interconnect Technology, Batam, 1997- 2007
3. PT Unisem, Batam, 2007-2009

Post a Comment

 
Top