GuidePedia

0
Mantan Presiden PKS Hidayat Nur Wahid kaget dirinya yang paling diunggulkan dalam Pemilihan Umum Raya. Dia berharap, mestinya kader yang lebih muda memenangi Pemira, yang dimaksudkan untuk mencari calon presiden PKS.

Meski begitu, Hidayat menampik bahwa kaderisasi tidak jalan di partainya. Karena terbukti, yang berada di urutan nomor dua dan tiga, adalah lebih muda dari dia, dan prosentasenya tidak terlalu jauh.

"Kalau dilihat pemenang kedua dan ketiga, itu lebih muda dari saya sekitar 7-8 tahun. Dari sisi kekaderan, mereka senior. Perbedaan perolehan suara tidak terlalu banyak, sekitar 1 persen. Unsur kaderisasri ternyata jalan," jelas Hidayat Nur Wahid kepada Rakyat Merdeka Online pagi ini (Senin, 30/12).

Hidayat menambahkan, yang akan menentukan nanti siapa yang bakal diusung adalah Majelis Syuro PKS. Sementara soal apakah akan menjadi capres atau cawapres, tergantung hasil perolehan suara PKS di Pemilu Legislatif.

"Kalau PKS misalnya sesuai dengan targetnya bisa mendapatkan 15 persen, saya yakin akan diajukan sebagai capres. Kalau hanya sekitar 10 persen, PKS legowo sebagai cawapres. Jadi tergantung hasil Pileg dan tentunya juga Majelis Syuro," imbuhnya.

Tapi yang jelas, Hidayat akan sangat menyambut baik kalau Majelis Syuro memutuskan capres PKS adalah kader yang lebih muda.

"Saya sangat menyambut baik Majelis Syuro menghadirkan kader-kader yang lebih baru, lebih fresh, lebih energik. Karena itu akan menjawab apa yang jadi tuntutan masyarakat secara umum. Kalau itu yang diinginkan, berarti tidak jauh dari apa yang diinginkan kader-kader PKS itu sendiri," demikian bekas Ketua MPR RI ini.

Berdasarkan hasil Pemira PKS yang dirilis kemarin, Hidayat Nurwahid di peringkat pertama dengan 55.670 suara. Presiden PKS Anis Matta di urutan kedua dengan 48.153 suara. Sementara, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berada di posisi ketiga dengan 46.014 suara. Menkominfo Tifatul Sembiring di peringkat keempat dengan 31.714 suara. Terakhir Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail di peringkat kelima dengan 20.429 suara. [zul]

Post a Comment

 
Top