GuidePedia

0
Komisi V: Penghapusan Pajak Sepeda Motor Relevan dengan Kondisi Rakyat dalam Pers Releas di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (22/11) (dok Humas PKS)
PKS Kepri - Jakarta (22/11) -- Partai Keadilan Sejahtera menawarkan kampanye gagasan berupa penghapusan pajak sepeda motor dan pemberlakukan sim seumur hidup.

Menurut Ketua Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Sigit Sosiantomo, kampanye ini relevan dengan kondisi sosial masyarakat sekarang. Mengingat kendaraan bermotor, seperti sepeda motor telah menjadi faktor produksi yang bernilai ekonomi.

"Kami rasa, kebijakan untuk bebaskan pajak kendaraan sepeda motor akan disambut baik oleh masyarakat. Kita ingin menjadikan sepeda motor semakin produktif digunakan untuk berbagai kegiatan. Terutama di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh angkutan umum, seperti di pedesaan dan pegunungan. Dibutuhkan transportasi yang efektif melalui sepeda motor," ujar wakil rakyat dari Fraksi PKS Dapil Jatim I.

Sigit menjelaskan, jika partainya menang pada pemilu 2019 mendatang, dua kebijakan ini tidak bertentangan dengan kebijakan untuk meminimalkan angka kecelakaan.

Karena, menurut Sigit, kampanye SIM seumur hidup tidak menghapuskan seleksi pemberian SIM kepada pengemudi yang layak. 

"Kami yakin, dua kebijakan tadi tidak bertentangan dengan kebijakan zero accident untuk mengurangi angka kecelakaan seminim mungkin di jalan raya. Tidak butuh waktu lama, dan menjamin yang akan diberikan sim adalah orang yang sudah layak," jelas Sigit.

Ia juga meyakinkan, kampanye gagasan PKS ini tidak akan menggenjot penjualan sepeda motor di masyarakat. "Mungkin yang akan booming kalau DP-nya nol persen," katanya.

Sumber :
http://pks.id

Post a Comment

 
Top