GuidePedia

0

PKS Kepri - Penjabat Gubernur Kepri Agung Mulyana akan pensiun dari aparatur sipil negara (ASN) pada akhir Desember 2015.Dengan demikian, jabatannya sebagai Penjabat Gubernur Kepri tidak lagi diembannya pada Januari 2016 mendatang.

Jabatan itu harus diemban oleh Penjabat Gubernur Kepri yang baru. Sampai saat ini siapa penjabat yang bakal menggantikan posisi Agung belum dipastikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI).

Terkait siapa Penjabat Gubernur Kepri yang baru nanti menjadi pembahasan serius di DPRD Kepri.
Bahkan sejumlah anggota DPRD Kepri sudah mengajukan usulan mengenai figur yang cocok menjabat Gubernur Kepri sebelum gubernur terpilih dilantik.

"Sebaiknya sebelum menunjuk Penjabat gubernur Kepri, Mendagri harus ajak bicara DPRD Kepri, walaupun itu hak prerogatif Presiden melalui Mendagri,"kata Iskandarsyah dari fraksi PKS kepada awak media, Rabu (23/12/2015) sore.

Iskandarsyah menginformasikan bahwa beberapa fraksi di DPRD Kepri menghendaki agar Penjabat Gubernur Kepri ditunjuk dari pejabat eselon I yang ada di Kepri.

Saat ini pejabat yang sudah memenuhi persyaratan tersebut adalah Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Robert Iwan Loureaux dan Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang, Profesor doktor Syafsir Akhlus.

"Hal ini dimaksudkan supaya penjabat gubernur tersebut lebih efektif dan efisien mengatur pemerintah ini. Dia tidak punya jabatan yang menyangkut Indonesia secara keseluruhan," jelas Iskandarsyah.

Kader PKS itu menegaskan lagi bahwa penjabat gubernur yang berasal dari Kepri akan memahami seluk-beluk permasalahan yang ada di Kepri.

Dia pun akan tahu bagaimana mengelola pemerintahan sesuai dengan kondisi anggaran yang ada.
"Kami ingin pusat bicara kepada kami. Jangan pakai tunjuk begitu saja. Secara personal, saya sudah meminta kepada Ketua DPRD Kepri agar menyampaikan usulan ini kepada Mendageri. Jadi, terkait koordinasi ke pusat, itu adalah porsi Ketua DPRD Kepri," ungkap Iskandarsyah. (*)

Sumber: Tribun Batam

Post a Comment

 
Top