GuidePedia

0
PKS KepriAda pengakuan blogger bernama Indrawata Wardhana di http://indobanged.blogspot.sg soal hasil real count Pilpres 2014 yang dimuat di www.kawalpemilu.org.

Hasil real count itu ramai dibicarakan, setidaknya, setelah situs www.metrotvnews.com ikut mempublikasikan. Pasangan Jokowi-JK disebut memenangkan pertarungan.

Indrawata Wardhana mengaku mengklik situs itu karena dapat pemberitahuan dari teman. Ia menelusuri situs itu menggunakan aplikasi JQUERY canggih, tetapi tanpa css atau atau tampilan yang menarik.

"Web yang katanya bersifat independen dan dikerjakan sampai 700 orang relawan (sumber : facebook KawalPemilu) ini selesai di-input dalam waktu 5 hari selesai hingga 99% tiap propinsi," tulisnya dalam blog.

Sangat hebat, lanjut Indrawata Wardhana, bahkan lengkap dengan data error yang katanya sudah terverifikasi dengan baik. Sang developer web mencoba untuk tidak merender data secara URL biasa, tapi menggunakan teknologi AJAX.

"Sebelum itu, saya mau lihatkan dulu kapan dan punya siapa nih web. Hasil cek di www.who.is, didapatkan bahwa web www.kawalpemilu.org hadir didunia pada tanggal 11 Juli 2014. server di dreamhost.com," ujarnya.

Sang blogger menjelaskan pemilik rupanya memilih opsi hidden register domain. Jadi kita hanya bisa melihat non register contact di who.is.

Dengan jumlah TPS sebanyak 472.672 yang ada di seluruh Indonesia, sungguh hal yang sangat luar biasa dikerjakan dalam waktu singkat apalagi mengerjakan dalam waktu lima hari.

Anehnya lagi, ketika mencoba menjadi relawan input. Semua bisa input, tidak peduli siapa pilihan presiden kita. Ada link ke facebook kehttps://www.facebook.com/.../Kawal.../1452601258341836.

"Tempat saya bisa suka dan bisa daftar katanya. Cuma yang paling anehnya lagi.. 14 Juli baru bergabung di facebook. Waduh. bukannya butuh waktu 2 hari 8 jam tiap orang untuk menginput? hari ini saja baru tanggal 15 Juli 2014 jam 23.00 WIB," imbuhnya.

Website ini ada akses lansung ke server KPU? Indrawata mengecek website http://pilpres2014.kpu.go.id/. Lansung cek ke unduhan per TPS. Tidak ada subdomain http://scanc1.kpu.go.id/ . Yang ada cuma link seperti ini :http://pilpres2014.kpu.go.id/c1.php?cmd=download&tps=1....

Pertanyaan paling besar adalah darimana para programmer mendapatkan domain http://scanc1.kpu.go.id/ apalagi mendapatkan file viewp.php . Url tersebut berguna untuk meload secara otomatis menggunakan skrip AJAX tampilan gambar C1 tanpa mendownload dahulu gambar C1. Apakah KPU tahu ini? [inilah]

Post a Comment

 
Top