GuidePedia

0
PKS Kepri - Isu koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) kian mendekati kenyataan. Hal ini turut dibenarkan oleh Anggota Majelis Syuro PKS, Salim Asegaf Al Jufri.

Di sela kunjungannya di Kota Balikpapan, Sabtu (3/5/2014), Menteri Sosial RI ini mengatakan, PKS dan Gerinda sudah semakin serius dan intens melakukan komunikasi politik. Bahkan ia mengklaim, saat ini sudah 80 persen peluang PKS merapat ke Gerindra.

"Kemungkinan dalam satu-dua hari ini (diputuskan). Memang penjajakan dengan Gerindra ini cukup serius, karena Gerindra juga sangat serius. Peluangnya bisa 80 persen (koalisi)," ujarnya.

Salim menyatakan, PKS tidak meminta jatah calon wakil presiden ataupun menteri jika kesepakatan koalisi dengan Partai Gerindra terbangun. Komunikasi politik yang dibangun hanya menyatukan komitmen untuk bersama-sama membangun Indonesia ke arah yang lebih baik.
 
"Memang kita tidak ada tawaran-tawaran transaksional, tidak ada pembicaraan seperti itu (Cawapres dan Menteri), tapi yang dibicarakan adalah sejauh mana komitmen bersama untuk membangun negeri ini," katanya.

Ia menambahkan, meski koalisi PKS dan Gerindra terbangun, hal itu belum dapat memenuhi syarat untuk pencalonan presiden dan wakil presiden. Sehingga mau tidak mau kedua partai harus menggandeng koalisi dengan partai lain, termasuk Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga gencar diisukan merapat.

Untuk diketahui, syarat pencalonan presiden dan wakil presiden harus diusung oleh partai politik yang memiliki perolehan suara 20 persen atau yang mendapatkan 25 persen kursi di parlemen.[tribun]

Post a Comment

 
Top