GuidePedia

0
PKS KepriSeorang ulama Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur, KH Agoes Ali Masyhuri, menasihati Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat menghadiri pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur di Surabaya, Rabu (12/2/2014)

“Jadilah seperti seekor lebah. Dia makan yang baik-baik saja, dan menghasilkan madu yang sangat berguna bagi manusia. Pemimpin harus senantiasa seperti lebah,” kata Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim itu sebagaimana dikutip Aher.

Menurut pengasuh Pesantren Bumi Shalawat, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur itu, lebah memang hanya serangga kecil, tapi selain menghasilkan madu yang sangat berguna bagi manusia, semua sifat dan perilaku lebah patut dijadikan teladan.

Ulama yang dikenal luas sebagai praktisi sekaligus pemikir dakwah itu juga menyampaikan sejumlah nasihat tentang kepemimpinan kepada Aher seraya menyerahkan buku karyanya berjudul Belajarlah Kepada lebah dan Lalat; Menuju Kokoh Spiritual, Mapan Intelektual.

Dalam kesempatan tersebut, ulama yang akrab disapa Gus Ali itu mengingatkan Aher agar senantiasa mempraktekkanilmu lebah, lalu penegasan KH Agoes Ali Masyhuri itu ditimpali Aher bahwa lebah juga tidak akan menyerang bila tak disakiti lebih dahulu.

“Lebah tidak pernah menyengat kalau tidak diserang terlebih dahulu,” kata Aher yang disambut anggukan dan senyuman KH Agoes Ali Masyhuri.

Pendakwah yang pengajian rutinnya selalu dibanjiri ribuan orang ini juga mengingatkan Aher agar cermat memilih mitra dekatnya.

“Orang-orang dekat itu bisa mewarnai kita. Walaupun kita menerima siapapun sebagai kawan, sebaiknya dekati yang baik-baik saja,” kata KH Agoes Ali Masyhuri. 

Post a Comment

 
Top