GuidePedia

0
PKS KepriIkhwah fillah Waktu pagi adalah awal hari yang penuh dengan keberkahan, Islam mengajarkan kita untuk memperhatikan waktu ini. 

Memerintahkan kita untuk bangun di waktur fajar agar kita mampu meraih keutamaan dan keberkahannya. Sebab ketika seorang mampu mengawali harinya dengan kegiatan ibadah dan aktifitas yang baik maka ini akan menjadi modal kebaikan dunia dan akheratnya. Umur kita yang hanya sebatas 60-70 tahun mengharuskan kita untuk mengisi sisi yang penting ini agar kita bisa mengambil bagian yang paling penting dari hidup kita untuk menjadi bekal kita berjumpa dengan Alloh swt. Urgensi bersegera di waktu pagi 

1. Menjadi faktor kebahagiaan seserang di dunia dan akherat. 

Imam Ibnu Taimiah memiliki kebiasaan duduk berdzikir di dalam masjid sejak shalat fajar hingga terbit matahari, sang murid Imam Ibnu Qayyim al Jauziah menanyakan apa rahasia hal tersebut, maka Imam Ibnu Taimiah menjawab Itulah sarapan pagi ku, apabila aku tidak lakukan maka aku akan merasa lemah sepanjang hari itu 

2. Menjadikan seseorang mampu menjaga waktunya. 

Pagi hari ketika dikelola dengan baik maka akan menjaga waktu-waktu berikutnya, Rasulullah saw memerintahkan kita untuk menyegerakan amal kebaikan, karena waktu hanya bisa dijaga dengan amal amal baik. 

3. Orang yang bersegera di waktu pagi akan mendapatkan doa dari Rasulullah saw. 

Rasulullah saw berdoa Ya Alloh berkahilah umatku di pagi harinya (HR.Imam Abu Dawud) 

Apa aktifitas yang harus kita lakukan di waktu pagi? 

1. Bersegera Melaksanakan shalat Fajar. 

Karena shalat ini disaksikan oleh Malaikat Malam dan Malaikat Siang,mereka bertemu untuk berganti shift di waktu shalat fajar dan ashar. Shalat ini merupakan tanda kebenaran iman,karena hanya orang munafik yang merasa berat untuk melaksanakan shalat ini. Abdullah bin Umar ra berkata: “apabila kami sering melihat ada diantara kami yang jarang shalat fajar berjamaah,maka kami berburuk sangka kepadanya jangan-jangan dia orang munafik. 

2. Tilawah Al Quran. 

Dalam surah al isro ayat 78 Alloh swt memberikan isyarat agar kita menjadikan membaca al quran di waktu pagi sebagai aktifitas utama.. Dalam ayat ini Alloh swt menggunakan kata ganti untuk shalat fajar dengan "quranal fajri" yang menunjukan betapa pentingnya membaca al quran di waktu yang berkah ini. 

3. Membaca Dzikir pagi. 

Satu saat Rasulullah saw dan para Shahabat ra sedang berjalan menuju ke Mekkah,mereka melewati satu gunung yang bernama Jamdan, kemudian Rasulullah saw bersabda "Cepatlah kalian berjalan,ini Jamdan dia sudah dilewat oleh para mufarridun (orang-orang yang istimewa), maka para shahabat bertanya "Apakah Mufarridun itu ya Rasulullah? kemudian Rasulullah saw menjawab Mereka adalah orang yang banyak berdzikir" (HR.MUSLIM) 

4. Mencari Ilmu dan mengajarkan ilmu. 

Membangun kapasitas ilmiah merupakan kewajiban kita sebagai seorang aktifis dakwah,waktu yang sangat baik adalah menyisihkan sebagain waktu pagi kita dengan meraih ilmu,apakah dengan membaca,menghafal,mendengarkan ceramah ilmiah atau sebaliknya dengan menyebarkan ilmu di berbagai media. 

Jadilah sebagai orang alim atau sebagai pelajar atau sebagai pendengar ilmu atau sebagai orang yang mencintai ilmu dan janganlah menjadi yang kelima karena kamu akan hancur (perkataan Ibnu Masud dan Abu Darda) 

Kemenangan kita awali dengan kemenangan di pagi hari..ALLAHU AKBAR WA LILLAHIL HAMD 

Batam, Jumat 21 Dzulqoidah 1434/27 Sept 2013. 

*Ketua DPW PKS Kepri

Post a Comment

 
Top