GuidePedia

0
PKS KepriBenda-benda yang termasuk cagar budaya yang dimiliki oleh Museum Serindit Kabuaten Natuna adalah yang terlengkap di Provinsi Kepulauan Riau  bahkan di Asia Tenggara. 

"Menurut analisa dan kajian dari Pusat Arkeologi Nasional tahun lalu, di Kabupaten Natuna merupakan daerah yang memilki koleksi benda cagar budaya yang terlengkap di wilayah Kepulauan Riau, bahkan di Asia Tenggara, " ungkap pengelola Meseum Serindit, Deng Zaharuddin, Kamis.  

Dijelaskannya, benda-benda cagar budaya yang berada di bawah naungan Kajian Adat dan Sejarah Kabupaten Natuna ini, terdiri dari berbagai macam keramik, seperti dari zaman Dinasti Cina, keramik Jawa, keramik Asia, Eropa dan keramik Arab.

"Benda-benda cagar budaya yang terdapat di Museum Serindit ini, lebih kurang 10 ribu, yang terdiri dari keramik Jawa, Asia dan Eropa, bahkan dari zaman Dinasti Cina," jelasnya.

Selain memiliki koleksi bermacam-macam keramik, Museum Serindit juga memiliki koleksi peralatan rumah tangga peninggalan dari Dinasti Ming dan dinasti-dinasti Cina lainnya, bahkan  beberapa benda yang berasal dari peninggalan Belanda.

Namun, ada beberapa benda kuno dan antik dimiliki sejumlah warga Natuna hilang dan berpindah tangan ke orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Bahkan beberapa kolektor manca negara juga sudah memiliki benda cagar budaya milik Natuna.

Deng Zaharuddin menambahkan, supaya barang-barang purbakala dan bersejarah tersebut tidak sampai jatuh ke pihak asing perlu di lakukan pengawasan secara bersama-sama dengan lebih ketat, baik oleh pemerintah, aparat keamanan, maupun oleh masyarakat. 

"Untuk mengatasi supaya benda-benda bersejarah itu tidak sampai ke tangan yang tidak bertanggung jawab, atau kepada pihak asing. Untuk itu perlu kepedulian semua pihak baik pemerintah, aparat, maupun masyarakat daerah itu sendiri," katanya. (antara)

Post a Comment

 
Top