GuidePedia

0



Partai Keadilan Sejahtera (PKS) baru mampu mengumpulkan dana sebesar Rp 32 miliar untuk keperluan kampanye Pemilu 2014. Dana tersebut berasal dari sumbangan caleg, kas partai dan simpatisan.

"Rinciannya, dari caleg Rp 30 M, transfer dana parpol ke rekening kampanye Rp 930 juta dan perseorangan Rp 430 juta," kata Staf Bendahara DPP PKS, Marwan Gunawan kepada wartawan di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (27/12) malam.

Nominal penerimaan dana kampanye ini bisa dikatakan sangat kecil. Apalagi, PKS termasuk empat besar partai dengan perolehan suara terbanyak pada Pemilu 2009. Sementara partai-partai besar lainnya seperti Partai Demokrat, PDIP dan Partai Golkar sukses mengumpulkan dana kampanye di atas Rp 75 miliar. Bahkan, dua partai paling buncit di pemilu 2009, yakni Gerindra dan Hanura sukses meraup dana kampanye di atas Rp 100 miliar.

Menurut Marwan, minimnya sumbangan dana kampanye tidak membuat partainya gusar. Ia mengatakan, untuk saat ini jumlah tersebut cukup untuk membiayai kegiatan kampanye 494 caleg DPR RI yang diusung PKS.

Ia pun optimistis ke depannya dana kampanye partai pimpinan Anis Matta itu akan terus bertambah. "Penetapan DPT akhir Agustus, jadi caleg sekarang belum jor-joran, Artinya lebih banyak konsolidasi ke lapangan, hanya penyebaran bahan kampanye. Ini cukup untuk periode pertama," ujarnya. (dil/jpnn)

Post a Comment

 
Top